/Jadwal dan Lokasi Puncak Peringataan KAA ke-68 Tahun
Gedung Merdeka

Jadwal dan Lokasi Puncak Peringataan KAA ke-68 Tahun

Kementrian Luar Negeri menyelenggarakan Puncak Peringatan 68 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Komplek Gedung Merdeka Bandung dan Hotel Savoy Homann, 17-18 April 2023.

Pada Selasa, 18 April 2023, sebanyak 109 bendera negara-negara peserta KAA dan perwakilan bangsa-bangsa (PBB) dikibarkan di halaman Gedung Merdeka. Pengibaran bendera melibatkan lebih dari 400 anggota Pramuka Kwartir cabang Kota Bandung.

Duta Besar Teuku Faizasyah, selaku Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri bertindak sebagai pembina upacara dalam kegiatan ini.

Pada proses pengibaran bendera dihadiri oleh sejumlah pejabat diplomatik dari perwakilan negara asing Indonesia, seperti Duta Besar Sri Lanka, Duta Besar Nigeria, Duta Besar Afrika Selatan, Duta Besar Tunisia.

Hadir juga Duta Besar Yordania, Wakil Duta Besar Irak, Kedubes Arab Saudi, Thailand, serta Sekretaris Kedua Kedubes Malaysia, perwakilan Pejabat Pratama dari Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik serta Direktorat Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI.

Sehari sebelumnya, juga digelar acara jamuan Teh Petang yang berkonsep iftar di Hotel Savoy Homann, Selasa, 17 April 2023. Jamuan ini menyajikan sejumlah pertujukan seni budaya antara lain Angklung dan Tari Merak.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tamu penting diantaranya Perwakilan dari kedutaan besar negara-negara Asia Afrika, pejabat Pemprov Jawa Barat, Pemkot Bandung, TNI dan Polri. Hadir juga perwakilan saksi sejarah KAA 1995.

Perlu diketahui, peringatan 68 Tahun KAA dengan tema besar Road to 2025: Towards Stronger Asia-Africa. Tema ini memiliki harapan agar terciptanya hubungan yang lebih erat antar bangsa Asia dan Afrika, serta terwujudnya tonggak baru kerja sama untuk menuju Asia dan Afrika yang lebih kuat dan sejahtera. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

TAGS: