/Jadah Tempe, Kuliner Khas Sleman yang Unik

Jadah Tempe, Kuliner Khas Sleman yang Unik

Jadah tempe merupakan kuliner khas dari Kabupaten Sleman, mulanya jadah tempe ini kabarnya berasal dari kawasan lereng Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. Saat ini, telah menyebar ke berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Sleman.

Jadah tempe merupakan perpaduan antara jadah dan tempe. Jadah (sebutan uli dalam bahasa Jawa) terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama santan, parutan kelapa muda, dan garam lalu dikukus, kemudian ditumbuk sampai halus dan dibentuk persegi kecil.

Sementara tempe dimasak dengan cara dibacem, yaitu tempe yang direbus dalam air kelapa, daun salam, lengkuas, air asam jawa, gula merah, dan garam. Ditambah dengan ketumbar, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan. Tempe dimasak hingga semua bumbunya meresap dan matang, tempe lalu ditiriskan dan digoreng di dalam minyak panas.    

Cara memakan jadah tempe ini, yaitu jadah dengan tempe bacem berwarna cokelat ditumpuk, lalu digigit dan dikunyah. Mirip dengan menikmati burger atau sandwich. Rasa kuliner ini gurih yang berasal dari jadah dengan rasa manis dari tempe bacem. (*/Golali.id)