/ITB Bakal Desain Kendaraan Listrik dari VKTR

ITB Bakal Desain Kendaraan Listrik dari VKTR

ITB akan mendesain kendaraan listrik, khususnya bus dan truk listrik yang diproduksi PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. Hal ini tertuang dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono dan Rektor ITB yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D. di Gedung Science and Techno Park (STP) Ganesha, Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat 14 Juli 2023. Kolaborasi ini berupa House of Design.

House of Design ini adalah co-working space antara VKTR dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Tim yang terlibat dalam proyek ini terdiri atas para alumni FSRD ITB yang memiliki pengalaman dalam teknik desain kendaraan listrik. Lembaga ini juga akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa jurusan terkait di FSRD ITB.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D. menjelaskan ini adalah kerja sama dunia pendidikan dan industri dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Kolaborasi ini terkait desain yang melibatkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB.

Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono menjelaskan desain bus dan truk listrik memerlukan persiapan dan riset yang matang, serta komunikasi yang intens dengan berbagai pihak, termasuk pihak karoseri. Sebagai contoh, bus listrik memiliki baterai dengan bobot yang lebih berat, sehingga desainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan karoseri dalam membangun bodi kendaraan.

“Kami berharap House of Design ini dapat menghasilkan desain yang tidak hanya bernilai estetik, tetapi juga mengadopsi teknologi aerodinamis tingkat tinggi agar bodi kendaraan yang dihasilkan dapat menghemat energi,” kata Gilarsi dikutip dari website ITB, Minggu 16 Juli 2023. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas ITB