/Inilah Peraih UMKM Award 2022 Kota Bandung

Inilah Peraih UMKM Award 2022 Kota Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terbaik pada ajang UMKM Award 2022.

UMKM Award diberikan kepada sembilan UMKM terbaik yang terbagi dalam tiga kategori yakni kategori fashion, kerajinan (craft), dan kuliner.

Berikut daftar pemenang UMKM Award 2022 :

A. Kategori Fashion

1. Juara 1 : Mila Anumillah Z (Milyarda Hijab)

2. Juara 2 : Sri Eva Juliana (Zayan House)

3. Juara 3 : Diana Martini (Nudii)

B. Kategori Craft

1. Juara 1 : Arni Metriyana (Gunami)

2. Juara 2 : Helena Virgawati (Bening by Helena)

3. Juara 3 : Teti Herlina (T&T Pernique Craft)

C. Kategori Kuliner

1. Juara 1 : Ani Andriyani (Dinsum Inmons)

2. Juara 2 : Wangsih Ratnaningsih (Denok CLDK)

3. Juara 3 : Siti Jamilah (Rujak Ambu).

Penyerahan penghargaan kepada para pemenang UMKM Award 2022 dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Yana mengatakan, UMKM Award menjadi salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Pemkot Bandung kepada pengembangan UMKM.

“Alhamdulillah peserta UMKM penjualannya terus meningkat. Pemerintah memberikan apresiasi menjadi contoh UMKM lain dalam menjalankan usahanya,” kata Yana di Ballroom Savoy Homan Bandung, Minggu 13 November 2022.

Ia mengungkapkan, UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi nasional. Kehadirannya perlu mendapat dukungan dari semua pihak.

Menurutnya, Pemkot Bandung telah mengambil langkah-langkah guna mendukung UMKM, seperti menghadirkan pendamping, bantuan anggaran, hingga kemudahan akses permodalan.

“UMKM merupakan sektor unggulan yang bertahan dan meningkat dari tahun ke tahun. Ini menjadikan UMKM sangat penting dalam peningkatan ekonomi,” katanya.

“Untuk meningkatkan UMKM, Pemkot telah melakukan pendampingan yang dilakukan sejak tahun 2019,” imbuhnya.

Yana berharap hadirnya UMKM Award ini dapat membentuk pelaku usaha yang bisa meningkatkan produknya sehingga dapat bersaing dalam perdangan global.

“Ini bukan ajang kompetisi, memberikan edukasi dan motivasi menjadi mandiri, dan tangguh di masa krisis. Sehingga mampu meningkatkan kualitas produk,” katanya.

Hadiah untuk pemenang UMKM Award 2022

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, UMKM Award merupakan bentuk apresiasi kepada UMKM yang telah diberikan pendampingan dari 2020 sampai 2022.

Para peserta merupakan UMKM unggulan di kecamatan yang telah dilakukan pendampingan. Tercatat lebih dari 1.200 UMKM dari 30 Kecamatan telah diberikan pendampingan.

“Setelah itu, para pelaku UMKM melalui tahap kualifikasi dan penilaian akhir yang dilakukan oleh tim penilai independen untuk diperoleh 3 terbaik dari setiap kategorinya,” kata Atet.

Para pemenang akan mengikuti Business matching dengan The Keranjang Bali serta diberikan uang pembinaan sebesar Rp15 juta untuk 15 nominator.

“Untuk para pemenang diberikan apresiasi biaya pendampingan Rp2,5 juta,” ujarnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung