/Inilah Musisi yang Berkolaborasi dengan IM3 dalam Kampanye Menjadi Indonesia

Inilah Musisi yang Berkolaborasi dengan IM3 dalam Kampanye Menjadi Indonesia

Pada proses pembuatan musik dan lagu yang menjadi jembatan dalam kampanye IM3, Menjadi Indonesia, musisi Kunto Aji, Iwa K, Kill the DJ, dan Tuan TigaBelas menuangkan makna arti Menjadi Indonesia menurut mereka ke dalam lirik serta aransemen musik.

Selain itu, IM3 juga ingin audiens merasakan energi yang disalurkan dalam video ‘Menjadi Indonesia’ yang menceritakan para musisi Hip Hop dari berbagai daerah sebagai representasi anak bangsa yang bangga akan identitas kulturnya, serta berani menunjukkan kekuatan Indonesia yang dimiliki.

Tokoh muda yang diceritakan dalam video musik yang sudah tayang di YouTube IM3 ini pun mewakili ragam karakter dari berbagai latar belakang kebudayaan, seperti musisi Hip Hop Dayu Koto (Padang), President Tidore (Maluku Utara), Ryuurevoir (Cirebon), dan Epo D’Fenomeno (Papua) yang semakin mendukung tujuan dari kampanye ini.

“Menjadi Indonesia bagi saya adalah ketika kita mencintai Indonesia lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan selalu bangga atas identitas diri kita masing-masing, karena kita adalah Bhinneka Tunggal Ika,” kata salah satu musisi, Kill the DJ dalam rilis resminya, Kamis 11 Agustus 2022.

Harapannya kampanye ‘Menjadi Indonesia’ dapat mengingatkan generasi muda, bahwa dengan menciptakan karya menggunakan berbagai bahasa, budaya, dan identitas daerah lainnya, tetap mampu membawa karya tersebut kemana pun dan dinikmati oleh siapa pun. Adanya bantuan dari digitalisasi dan internet yang semakin kuat, juga memudahkan untuk setiap karya dan kreativitas dapat tersalurkan dengan baik dan lebih luas. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : IM3