/Inilah Langkah Go Green dari Grand Tjokro Premiere Bandung

Inilah Langkah Go Green dari Grand Tjokro Premiere Bandung

Grand Tjokro Premiere Bandung adalah salah satu hotel di Kota Bandung, yang menerapkan go green, hal ini telah dilakukan Grand Tjokro Premiere Bandung sejak beberapa tahun silam.

“Karena kita mengusung hotel go green, dimulai dari zero waste di lingkungan management sampai ke public area di Grand Tjokro Premiere Bandung, seperti di lobi dan toilet. Juga di kamar hotel dengan menyediakan tube pasta gigi tidak menggunakan plastik,” kata Marketing Communications Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung, Jessica Kristianty kepada Golali.id, Kamis 22 Februari 2024.

Penerapan zero waste sebagai salah satu bagian dari go green, kata Jessica misalnya penyediaan 2 tempat sampah yang terpisah. Yaitu untuk sampah organik dan sampah non organik.

“Sementara di toilet penyedian tisu ramah lingkungan,” sambungnya.

Selain zero waste atau nol sampah, konsep go green dari Grand Tjokro Premiere Bandung menghadirkan kebun hidroponik di lantai 10, di mana sampah organik diolah menjadi pupuk kompos untuk tanaman hidroponik.

“Hasil panen kebun hidroponik seperti sayuran dan buah-buahan digunakan untuk bahan masakan di restoran. Selain itu, tamu pun bisa mengunjungi kebun hidroponik dan membeli sayuran dan buah-buahan yang dapat dipetik sendiri,” imbuhnya.

Sedangkan sampah non organik seperti plastik dan botol plastik, diubah menjadi kerajinan dengan teknik ecobrick.

“Sampai saat ini pengelolaan sampah ini masih dilakukan management dan Tim Zero Waste internal. Rencananya akan kerja sama dengan Bank Sampah,” urai Jessica.

Untuk mengkampanyekan konsep go green ini, pihak management Grand Tjokro Premiere Bandung memberikan informasi langsung kepada tamu dan melalui akun instagram @sas.gogreen. Bahkan karena konsep go green ini, Grand Tjokro Premiere Bandung mendapatkan pujian dari Pemkot Bandung, karena Grand Tjokro Premiere Bandung dapat mengolah sampah secara mandiri. (Yatni Setianingsih/Golali.id)