/Inilah Kasus Kesehatan yang Tinggi di Kota Bandung

Inilah Kasus Kesehatan yang Tinggi di Kota Bandung

Pemateri Bandung Datathon 2023, Direktur Penjaminan JKN/ BPJS PT Sanbe Prakarsa Husada, dr. Ahyani Raksanagara memaparkan, beberapa kasus kesehatan yang masih tinggi di Kota Bandung di antaranya DBD (Demam Berdarah), tingkat PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), kematian ibu serta bayi, dan balita gizi buruk.

Salah satu solusi yang tengah diimplementasikan Pemkot Bandung adalah Universal Health Coverage (UHC). UHC merupakan penjaminan kesehatan bagi warga manakala mereka membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Soalnya masih ada masyarakat yang enggan untuk mengakses layanan kesehatan karena masalah biaya. Dengan adanya kepastian penjamin, masyarakat menjadi mudah terakses kepada layanan kesehatan,” aku Ahyani dalam acara Datathon 2023, Selasa 5 September 2023.

Ia menjabarkan, ada dua faktor yang sangat mempengaruhi derajat kesehatan di bagian hulu, yakni lingkungan dan perilaku. Pendekatan dua faktor itu hanya bisa dilakukan jika melibatkan masyarakat.

“Sehingga, peran tenaga kesehatan yang ada di hilir itu bisa fokus menyelesaikan permasalah penyakit. Sebab pencegahannya sudah selesai di masyarakat,” harapnya.

Ia berharap, semua lapisan masyarakat mulai dari RT, RW, kader PKK dan posyandu, Karang Taruna serta lainnya bisa bersama-sama menjaga di hulu supaya lingkungan dan perilaku masyarakatnya mendukung kesehatan.

“Ini harus dilakukan secara serentak oleh masyarakat. Kalau tidak, ya angka yang ada di hilirnya akan semakin besar. Berdayakan masyarakat untuk intervensi lingkungan,” kata Ahyani. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung