/Inilah Angka Pengangguran di Kota Bandung

Inilah Angka Pengangguran di Kota Bandung

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung, Andri Darusman menjelaskan berdasarkan data Disnaker, sebelum pandemi Covid-19, angka pengangguran di Kota Bandung hanya 8,11 persen. Namun, pada Maret 2020 angka pengangguran mencapai 9.000 orang di-PHK.

“Akhir 2021 angka pengangguran naik jadi 11,46 persen atau 153.000 orang. Mudah-mudahan di tahun 2022 ini meski pandemi belum berakhir, perekonomian bisa kembali menggeliat,” ungkap Andri.

Upaya yang rutin dilakukan Disnaker adalah membuat pelatihan-pelatihan berupa kompetensi, wirausaha, pemagangan dengan perusahaan-perusahaan agar kemudian di akhir 2022 angka pengangguran bisa turun kembali.

“Pemagangan ada yang dilakukan di dalam negeri dan di luar negeri. Pemagangan yang sudah terjalin itu dengan Jepang,” ucapnya.

Penyebab lain naiknya tingkat pengangguran, adalah banyaknya lulusan SMK dan SMA yang tidak melanjutkan sekolah atau kuliah.

Andri memaparkan, faktor tersebut menyumbang 40 persen angka pengangguran di Kota Bandung. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung