/Ini Syarat Pendatang Masuk Kota Bandung

Ini Syarat Pendatang Masuk Kota Bandung

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna menuturkan, bagi para pemudik yang membawa keluarga ke Bandung tengah dilakukan pencatatan oleh Disdukcapil di lapangan terutama terminal baik Cicaheum maupun Leuwipanjang.

“Bahkan Leuwipanjang ini biasanya jauh lebih banyak arus balik, sehingga Disdukcapil sudah ada di sana dan melakukan pencatatan terutama bagi para pendatang agar mengikuti aturan main administrasi kependudukan,” tuturnya.

Ia menambahkan, agar para camat dan lurah juga segera berkoordinasi dengan RT RW terkait kedatangan warga pendatang baru. Perlu adanya pencatatan dan pemantauan agar tidak ada kecolongan di wilayahnya terdapat pertambahan penduduk.

“Harapan kita jangan sampai pendatang menjadi beban. Mudah-mudahan mereka punya skill kemampuan, sehingga di sini tidak menjadi pengangguran, harapannya seperti itu,” katanya.

Ia optimis jika penduduk yang datang bisa ikut meningkatkan perekonomian Kota Bandung. Sehingga tidak ada kebijakan untuk pemulangan atau apapun jika ditemukan penduduk baru yang belum bekerja.

“Bandung ini kota terbuka, tetapi mudah-mudahan selain mereka punya niat dan semangat untuk hidup di Kota Bandung dan tidak menjadi pengangguran, maka mereka bisa berinisiatif sendiri untuk mencari pekerjaan. Hal terpenting itu tercatat dulu di Disdukcapil dan kita doakan agar orang yang datang ke Bandung itu mendapatkan keberkahan,” imbuhnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung