/Ini Progres Pembangunan Rebana

Ini Progres Pembangunan Rebana

Kepala Pelaksana Badan Pengelola Kawasan Rebana, Bernardus Djonoputro menerangkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyusun perencanaan untuk memastikan pertumbuhan Rebana sesuai dengan rencana.

“Dalam waktu singkat ini kita sudah punya produk perencanaan yang bisa memastikan bahwa pertumbuhan kegiatan investasi di kawasan Rebana dilakukan secara baik sesuai dengan peruntukannya,” ujar Djonoputro.

Menurutnya, beberapa proyek sudah dan sedang berjalan untuk menunjang pengembangan Rebana.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Patimban tahap satu sudah selesai dan sudah 80 persen kapasitas langsung sedang masuk tahap dua.

“Ini memperlihatkan betapa besar magnetnya. Bandara Kertajati sudah siap. Ke depan kita akan shifting ke Kertajati semua. Haji dan Umrah dari Kertajati. Tol  Cisumdawu hari ini sudah 90 persen, 10 persen lagi meningkatkan dari fungsional menjadi full operasional,” katanya, Kamis 11 Mei 2023.

Dalam waktu dekat, masyarakat Bandung ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka hanya satu jam.

Selain itu, Kota Cirebon sebagai kota jasa, pusat pelayanan jasa di wilayah Rebana juga sangat siap dengan ketersediaan ruang penginapan dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang lengkap. Kawasan industri Balongan pun akan terus berkembang.

Djonoputro menitikberatkan pula dalam pengembangan Rebana fokus pada aturan tata ruang. 

“Kita harus mengukur sedisiplin apa kita mengikuti aturan tata ruang karena akan menentukan kelayakan hunian daerah,” pungkasnya. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar