/Ini Penghargaan yang Diraih Pemkot Bandung Tahun 2022

Ini Penghargaan yang Diraih Pemkot Bandung Tahun 2022

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mengakselerasi berbagai program unggulan demi mewujudkan Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis.

Isi lemari penghargaan di Balai Kota Bandung terus  bertambah seiring dengan berbagai apresiasi yang didapatkan Pemkot Bandung buah dari pencapaian berbagai program sepanjang tahun 2022.

1.Berkat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 4 kali berturut-turut.

Pemkot Bandung meraih penilaian WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) empat kali beruntun (quattrick) pada tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, penghargaan yang diraih Kota Bandung merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari seluruh jajaran untuk mewujudkan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Selama ini, Pemkot Bandung terus berupaya menjalankan kewajiban dalam rangka mengelola secara transparan, akuntabel, efisien dan efektif. Opini WTP menjadi kepatutan bagi pemerintah,” jelas Yana.

2.Dalam pengembangan sumber daya aparatur, Pemkot Bandung juga mendapatkan penghargaan kategori ‘Sangat Baik’ dalam penilaian implementasi sistem merit pada manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

3.Sedangkan, Pemkot Bandung juga mendapat nilai A untuk SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) tahun 2022.

4.Di bidang tata kelola kota, berbagai program dan inovasi telah dilakukan Pemkot Bandung untuk membangun Bandung Smart City. Kota Bandung berhasil meraih indeks smart city tertinggi di Indonesia dengan angka 3,71.

Angka ini terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan berbagai inovasi di bidang aplikasi dan layanan berbasis digital.

Kota Bandung tampil sebagai kota terbaik dari 100 Smart City di Indonesia. Hasil ini didapat berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). Dari 100 smart city, Kota Bandung meraih skor akhir 3,71 dengan tingkat improvement 0,37.

Tahun 2022 ini pula, Pemkot Bandung menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Terbaik Kategori Smart Governance Gerakan Menuju Smart City dalam dimensi Smart City.

5.Komitmen Pemkot Bandung dalam menerapkan keterbukaan informasi sebagai bentuk tranparansi, diganjar dengan anugerah sebagai Badan Publik Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik Tahun 2022.

Prestasi tersebut menunjukkan bahwa Pemkot Bandung menjadi salah satu badan publik yang berhasil melaksanakan amanat dari UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana menyebut, masyarakat hari ini sudah jauh lebih cerdas dalam memilah informasi. Sehingga pemerintah perlu menghadirkan informasi seterbuka mungkin.

“Pasti. Keterbukaan adalah satu keniscayaan. Meski kita sudah tahu masyarakat Kota Bandung sudah sangat cerdas dalam memilih informasi,” kata Yayan.

6.Pemkot Bandung juga meraih dua penghargaan pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Pemkot Bandung menjadi Terbaik I Kategori Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine) dan Terbaik II Kategori Media Sosial.

Total sejak tahun 2019 sampai tahun 2022, Pemerintah Kota Bandung telah menerima penghargaan lebih dari 367 penghargaan baik nasional, regional maupun internasional. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung