/Ini Ketentuan Protokol Kesehatan Saat Ikut UTBK SBMPTN 2022 di Unpad

Ini Ketentuan Protokol Kesehatan Saat Ikut UTBK SBMPTN 2022 di Unpad

Pelaksaan UTBK SBMPTN 2022 digelar dalam dua gelombang yaitu 17-23 Mei 2022 (Gelombang I) dan 28 Mei-3 Juni 2022 (Gelombang II). Unpad menjadi salah satu lokasi UTBK SBMPTN 2022.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, peserta pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 di Unpad harus menerapkan protokol kesehatan yang ditentukan pihak Unpad. Mengutip website unpad.ac.id, berikut ketentuannya :

Menerapkan protokol kesehatan yang ketat (Memakai masker, membawa dan menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak)

Peserta juga wajib melakukan vaksinasi dosis lengkap dan menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk mengecek kondisi kesehatan peserta sekaligus untuk bisa masuk ke ruangan ujian.

“Kita akan siapkan QR Code PeduliLindungi di setiap pintu gedung, peserta wajib scan dulu baru bisa masuk ruangan (ujian),” ucap Koordinator Pelaksana UTBK Unpad Inu Isnaeni Sidiq, M.A., PhD.

Bagi peserta yang belum melaksanakan vaksinasi dosis lengkap, peserta tetap diperbolehkan mengikuti ujian dengan melampirkan hasil tes antigen maksimal satu hari sebelum ujian dilaksanakan atau hasil PCR maksimal 2×24 jam sebelum pelaksanaan ujian. Inu juga mengimbau bagi peserta untuk melaksanakan tes antigen atau PCR di lokasi yang resmi agar data hasil tes dapat langsung ter-input di aplikasi PeduliLindungi.

“Yang sudah lakukan vaksinasi lengkap tidak perlu tes antigen/PCR, cukup aplikasi PeduliLindungi,” tambahnya.

Kondisi kesehatan peserta harus dipastikan sehat. Dalam hal ini, Unpad telah menyediakan tim kesehatan yang siap menangani peserta yang kemungkinan berada dalam kondisi tidak sehat.

Jika peserta terindikasi tidak sehat dan bersuhu tinggi, tim akan melakukan tes antigen dan memberikan rekomendasi untuk lanjut ujian atau tidak.

Jika peserta tidak bisa mengikuti ujian karena terindikasi positif Covid-19, panitia Unpad akan melaporkan langsung ke LTMPT untuk mengikuti ujian sesi pengganti khusus. Selain itu, Unpad juga menyediakan ruangan ujian yang khusus disiapkan untuk peserta yang terindikasi mengalami gejala Covid-19. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : unpad.ac.id