/Ini Jumlah Lembaga Pendidikan Muhammadiyah di Kota Bandung

Ini Jumlah Lembaga Pendidikan Muhammadiyah di Kota Bandung

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bandung, Hasan Arif memaparkan, pendidikan menjadi salah satu bagian amal usaha Muhammadiyah dalam berkontribusi agar Kota Bandung bisa semakin lebih maju.

Di Kota Bandung, jelas Hasan, ada 23 TK Aisyiyah Bustanul Alfa (ABA), 7 kelompok belajar (kober), 11 SD/MI, 11 MTS/SMP, dan 9 SMK/MA.

“Selain itu, ada juga 19 panti asuhan dan beberapa fasilitas kesehatan yang masih dalam proses penataan. Serta Lazis, pelayanan tablig, dan pelayanan sosial lainnya,” paparnya.

Jika ditotal, Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah memiliki 1.046 guru dan karyawan yang turut berperan dalam pembangunan karakteristik SDM di sekolah maupun di fasilitas umum lainnya.

“Guru selain ikhlas dan sabar, kita sebagai pimpinan juga harus bisa memberikan keseimbangan terhadap kehidupannya. RMP dan HPM menjadi salah satu motivasi guru berkualitas di Bandung,” katanya, Sabtu 4 Februari 2023.

Di Kota Bandung, Muhammadiyah memiliki beberapa sekolah unggulan dengan beragam program khas. Di antaranya SD Muhammadiyah 7 yang memiliki program tanggap bencana.

Lalu, SMP Muhammadiyah Bojongloa dikenal sebagai sekolah peduli lingkungan. Di sekolah ini juga menerapkan Kang Pisman.

Ada pula SMP Muhammadiyah 5 yang disebut sebagai sekolah ekonomi sirkular karena biayanya full dari RMP. Semuanya siswa mendapatkan beasiswa yang dibiayai oleh Pemkot Bandung.

Selain itu 189 guru juga mendapatkan bantuan HPM sebesar Rp500.000 setiap bulan. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung