/Ini Fungsi dan Fitur dari Aplikasi KIOS dari Pemkot Bandung

Ini Fungsi dan Fitur dari Aplikasi KIOS dari Pemkot Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan aplikasi KIOS (Kewilayahan on Screen) pada Bandung Connecticity 2.0 di Trans Luxury Hotel, Jumat 16 Desember 2022. KIOS diluncurkan secara langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, KIOS merupakan sebuah aplikasi untuk memudahkan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) kewilayahan dalam mendapatkan data dan informasi, guna membuat keputusan di lingkungannya masing-masing.

“Para camat tidak perlu lagi membawa buku profil, karena ada dashboard yang berisi data kependudukan, kewilayahan dan lain sebagainya,” ujar Yayan.

KIOS memudahkan para camat dan aparat kewilayahan dalam mengakses berbagai data yang terintegrasi dan diakses kapanpun dan di manapun.

Berikut merupakan beberapa fitur yang ada dalam aplikasi KIOS yang dapat dipergunakan untuk melakukan monitoring, evaluasi dan pengambilan keputusan, yakni:

1. Penduduk

2. Geografi

3. Pemerintahan

4. Sosial dan kesejahteraan rakyat

5. Pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan

6. Industri, pertambangan, dan energi

7. Covid-19

8. Data stunting

9. Layanan administrasi kependudukan

10. Laporan kegawatdaruratan

Ada juga berita terbaru Kota Bandung, terintegrasi dengan bandung.go.id, sehingga pengguna dapat memperoleh informasi terbaru terkait Kota Bandung.

Aplikasi ini sudah dapat diakses dan diunduh melalui playstore oleh para aparat kewilayahan. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

foto : Humas Pemkot Bandung