/Ini Besaran Kenaikan Bantuan Renovasi Rumah Terdampak Gempa Cianjur

Ini Besaran Kenaikan Bantuan Renovasi Rumah Terdampak Gempa Cianjur

Presiden Jokowi dalam kunjungan keempat kalinya ke Cianjur, Kamis 8 Desember 2022 mengumumkan penambahan bantuan renovasi rumah terdampak gempa Cianjur.

Besaran bantuan mengacu pada bantuan untuk terdampak gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Palu, Sulawesi Tengah pada 2018 silam.

“Tadi malam saya hitung-hitung lagi, dan tadi pagi saya sudah menyampaikan ke Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani) ada uang atau tidak? Ternyata ada sedikit,” ungkap Jokowi.

Dengan begitu, bantuan renovasi rumah terdampak gempa Cianjur menjadi Rp60 juta, Rp30 juta, dan Rp15 juta.

“Hari ini sudah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk bapak ibu semuanya,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menuturkan, Indonesia memiliki pengalaman membuat rumah tahan gempa di Palu dan Lombok. Pembangunan rumah tahan gempa tersebut akan diterapkan untuk penyintas gempa Cianjur.

“Kita sudah memiliki pengalaman membuat rumah tahan gempa di Palu dan NTB, kita juga akan terapkan di sini agar semua rumah yang dibangun kembali sudah dengan konstruksi tahan gempa,” sebutnya.

Agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Cianjur hari ini antara lain ke posko pengungsian BIN di Cugenang, pembagian sembako di Yonif Raider 300, dan peninjauan SDN Sukamaju Cianjur. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar