Menghadapi libur Lebaran 2022, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah menyiapkan berbagai langkah. Mulai dengan menaikan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan traffic per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi karena meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.
Berdasarkan pengalaman Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, kenaikan traffic data tertinggi terjadi di Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Botabek), Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Optima;isasi jaringan untuk saat ini IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.
Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang sama.
“Prioritas utama kami adalam memaksimalkan pengalaman pelanggan. Kesiapan jaringan yang terintegrasi lewat teknologi MOCN, peningkatan kapasitas data, optimalisasi jaringan di berbagai POI dan rute mudik, monitoring yang intensif melalui command center terpusat, serta kesiagaan saluran layanan pelanggan, diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan IOH. Kami berharap dengan ekosistem digital lengkap akan memaksimalkan keseruan libur lebaran pelanggan bersama keluarga tercinta di kampung halaman,” ungkap Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung dalam Media Update IOH Integrasikan Jaringan Sambut Masa Libur Lebaran 2022, Rabu , 20 April 2022.
Adapun command center fisik terpusat akan mulai aktif sejak H-3 lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7. Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)
foto : Indosat Ooredoo Hutchison