Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia (Komdigi), meluncurkan fitur Anti-Spam dan Anti-Scam sebagai solusi berbasis kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) yang dirancang untuk melindungi pengguna dari
berbagai ancaman penipuan digital yang terus meningkat.
Mengutip data Asia Scam Report 2024 dari Global Anti-Scam Alliance (GASA), sebanyak 65 persen masyarakat Indonesia menerima upaya penipuan setiap minggunya, mulai dari pesan teks phishing, tawaran kerja palsu, hingga skema penipuan investasi.
Pembuatan fitur Anti-Spam dan Anti-Scam ini, Indosat bekerjasama dengan Tanla (mitra teknologi AI) dan didukung oleh kolaborator global seperti Mastercard, GSMA, dan GASA.
Klik informasi lebih detail tentang Bandung Raya di golalibandung.my.id
“Indosat meyakini bahwa perlindungan digital adalah hak dasar setiap masyarakat Indonesia. Kolaborasi kami dengan Tanla dalam menghadirkan solusi AI powered Anti-Spam dan Anti-Scam menunjukkan bahwa teknologi dapat melindungi kehidupan digital sehari-hari. Dibangun di atas Sovereign AI Factory milik Indosat yang didukung GPU NVIDIA Blackwell tercanggih, solusi ini memperkuat kemampuan Indonesia dalam menghadapi spam dan scam secara real time, memperkokoh ketahanan digital bangsa dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap dunia digital,” kata President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam siaran pers yang diterima Golali, Kamis 7 Agustus 2025.
“Pemerintah menyambut baik langkah kolaboratif yang diinisiasi oleh Indosat sebagai bagian dari upaya kolektif membangun ruang digital yang aman. AI harus membawa teknologi lebih dekat dan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk berkembang. Indonesia tidak ingin hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga pembentuk arah pemanfaatan AI yang sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat,” ucap Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, Nezar Patria.
Cara kerja Fitur Anti-Spam dan Anti-Scam Indosat
Cara kerja Fitur Anti-Spam dan Anti-Scam Indosat bekerja secara otomatis dan real time untuk mendeteksi pengirim pesan atau penelepon mencurigakan, menyaring potensi ancaman, serta memberikan peringatan kepada pelanggan.
Teknologi ini dikembangkan di atas fondasi AIvolusi5G, kombinasi kecanggihan AI dengan jaringan 5G milik Indosat yang responsif, adaptif, dan relevan. Dengan kemampuan pemrosesan langsung di jaringan (on-network), fitur ini tidak memerlukan perangkat canggih atau koneksi premium, sehingga dapat diakses oleh semua kalangan, di mana pun mereka berada.
Fitur ini juga telah mulai diimplementasikan di berbagai wilayah operasional Indosat, termasuk di area Jabodetabek, Banten, hingga Jawa Barat, sebagai salah satu area dengan tingkat aktivitas digital dan kepadatan pengguna yang sangat tinggi.
“Kami ingin masyarakat di area Jabodetabek, Banten hingga Jawa Barat merasa aman dalam beraktivitas digital, tanpa harus khawatir dengan potensi penipuan dalam bentuk spam ataupun scam. Perlindungan ini yang dihadirkan dari produk IM3 dan TRI ini langsung aktif dan bekerja otomatis ke seluruh pelanggan Indosat. Lebih dari sekedar teknologi, inovasi ini soal kehadiran nyata Indosat untuk hadir dan melindungi pelanggan dari potensi spam dan scam di tengah tantangan digital yang makin kompleks,” kata EVP-Head of Circle Jakarta Raya Indosat Ooredoo Hutchison, Chandra Pradyot Singh. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

