Implora adalah salah satu produk kosmetik lokal, yang didirikan Go Wi Liem dan Sri Melani dari Surabaya pada tahun 2002. Pada awalnya Implora, hanya memproduksi parfum.
Chief Marketing Office Implora, Hendrata Liadi mengatakan Implora dijual dari pintu ke pintu (dor to dor) di wilayah Jawa dan Bali. Parfum Implora mendapat sambutan positif dari masyarakat.
Kesuksesan awal ini mendorong Implora memperluas lini produk pada tahun 2010-an menghadirkan berbagai produk kosmetik non-parfum, seperti bedak, eyeshadow, dan lipstik. Tahun 2017, Implora juga mendapat antusiasme yang luar biasa dari para pecinta kosmetik saat meluncurkan Urban Lip Cream Matte. Melihat potensi pasar yang lebih luas, Implora kemudian mengembangkan kategori skincare, dengan face serum sebagai produk perdananya.
Baca juga : Masker dari Kecamatan Pameungpeuk yang Merambah Pulau Jawa
“Dalam menjaga kualitas, kami memastikan seluruh produk kami memenuhi standar tinggi, mulai dari perizinan BPOM, sertifikasi halal, hingga uji klinis oleh dermatologis. Serta, seluruh proses produksi kami dilakukan sesuai Good Manufacturing Practices dan dilakukan secara lokal di pabrik kami di Sidoarjo, Jawa Timur,” beber Hendrata Liadi dalam siaran pers Shopee yang diterima Golali.id, Selasa 14 Januari 2025.
Target pasar
Dalam memperluas visibilitas produknya secara nasional di seluruh Indonesia, Implora bergabung dengan Shopee di tahun 2017, Implora terus beradaptasi, berinovasi, dan berinvestasi dalam memanfaatkan berbagai peluang yang disediakan Shopee, mulai dari program promosi toko, kampanye belanja angka kembar, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video.
“Pengalaman kami meyakini bahwa Shopee merupakan wadah yang tepat bagi kami untuk dapat terus bertumbuh dengan inovatif dalam mengakses pasar yang lebih luas,” sambung Hendrata Liadi.
Hingga kini, Implora telah meluncurkan lebih dari 150 produk, mencakup kosmetik dekoratif, skincare, seperti IImplora Urban Eyebrow, Implora Perfect Shield Gel Sunscreen SPF 30 PA +++, Implora Healthy Glow Cushion, dan Implora Zodiac Series Perfume Collection yang baru saja diluncurkan di Shopee pada tahun 2024. Implora menyasar segmentasi perempuan muda, mulai dari mahasiswa hingga pekerja profesional.
Baca juga : Masker Karya Dave Badjoe Hadirkan Kenyamanan dan Keindahan
“Kami percaya bahwa Industri kosmetik nasional mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, mengingat melimpahnya ketersediaan sumber daya alam sebagai bahan baku kosmetik. Tak hanya itu, transformasi digital turut berperan penting dalam perjalanan Implora. Kami mengakui, kehadiran e-commerce seperti Shopee memberikan kontribusi besar dalam memperluas jangkauan pasar kami, melalui berbagai program, fitur interaktif, dan kampanye belanja. Sebagai contoh, kami mencatatkan rata-rata peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada setiap puncak kampanye belanja Shopee dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu, pada kuartal I 2024, transaksi kami di Shopee mengalami lonjakan sebesar 50 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” tutur Hendrata Liadi. (Yatni Setianingsih/Golali.id)