/HarvPort, Simpan Sayur dan Buah Tanpa Pendingin

HarvPort, Simpan Sayur dan Buah Tanpa Pendingin

4 mahasiswa ITB membuat HarvPort yaitu tempat penyimpanan sayur dan buah dengan teknologi atmosfer terkontrol tanpa pendingin dengan harga terjangkau.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh 4 mahasiswa ini, pada 2021, teknologi dari HarvPort ini diuji coba dan berhasil memperpanjang usia penyimpanan beberapa komoditas yaitu pepaya dari 3 hari menjadi 10 hari dan mangga serta alpukat dari 2 minggu menjadi 3 minggu.

Tahun ini dilakukan uji coba pada komoditas lain, berupa cabai dan berhasil memperpanjang umur penyimpanannya dari 3 hari menjadi 15 hari.

“Storaging itu pentingnya bagi petani adalah agar mereka memiliki bargain point sehingga ketika harga komoditas turun, petani bisa menyimpan komoditasnya dan saat harganya naik, bisa dijual lagi. Petani pernah mengalami harga cabai Rp1.500/kg bahkan Rp1.000/kg padahal modalnya itu Rp20.000/kg. Mereka jadi rugi banget,” kata Chief Executive Officer dari HarvPort, Akbar dikutip dari website ITB.  

Untuk diketahui, 4 mahasiswa ITB ini yaitu tiga mahasiswa jurusan Teknologi Pasca Panen yaitu Michaela Afra, Mifzaldin Akbar A., dan Fahri Rahman, serta satu mahasiswa jurusan Teknik Fisika yaitu Zul Aldi Rizki.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : itb.ac.id