/Hari Bumi, Shopee Tanam 2.000 Bibit Pohon di Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana

Hari Bumi, Shopee Tanam 2.000 Bibit Pohon di Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana

Dalam memperingati Hari Bumi pada 22 April 2022 ini, Shopee melakukan penanaman 2.000 bibit tanaman di Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Bibit tanaman tersebut berasal dari pelanggan Shopee yang mengikuti game Shopee Tanam di aplikasi Shopee yang dimulai sejak 14 April 2022. Bibit pohon virtual dalam program tersebut yang ditanam secara nyata.

Sukarelawan Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana, Aryo Salaka, mengapresiasi kampanye #ShopeeTanamHutanIndonesia yang diinisiasi oleh Shopee Indonesia. Menurutnya, inovasi yang dilakukan Shopee merupakan sebuah gebrakan dalam kegiatan pelestarian lingkungan yang memanfaatkan teknologi digital.

“Menanam pohon lewat bermain game, sepertinya merupakan salah satu inovasi agar masyarakat terbiasa memanfaatkan teknologi digital untuk dapat lebih mudah berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Apalagi Shopee Tanam sudah cukup terkenal di antara masyarakat,” kata Aryo Salaka dalam rilis SHOPEE yang diterima Golali.id, Jumat 22 April 2022.

Kopi

Pemilihan pohon kopi sebagai tanaman yang didonasikan didasari atas beberapa alasan. Selain dapat menjaga lingkungan, pohon kopi juga memberikan dampak ekonomi yang positif bagi komunitas.

Seperti diketahui, menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebut industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu sebesar 250 persen dalam 10 tahun terakhir. Saat ini, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Pertumbuhan industri kopi ini seiring dengan banyaknya manfaat kopi jika dikonsumsi.

Di Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana, kopi memang menjadi salah satu komoditas utama untuk diperdagangkan. Menurut Aryo Salaka, komoditas kopi juga dapat dikembangkan di daerah dataran rendah selama perawatan tanamannya dilakukan dengan benar. Bahkan, beberapa biji kopi yang dipakai di sejumlah coffee shop terkenal di Jakarta, berasal dari Hutan Kota yang terletak di Selatan Jakarta ini.

Baca juga :  Alun-alun Kota Bekasi, Ruang Publik Warga Bekasi

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja, turut senang dan mengapresiasi ribuan pengguna yang telah berdonasi menanam pohon. Menurut Handhika, kontribusi pengguna membuktikan banyak cara kini bisa dilakukan di era teknologi. Termasuk dalam menjaga bumi, yang bisa dilakukan dengan menanam pohon di permainan Shopee Tanam. Dia melanjutkan, tak perlu langsung datang ke hutan, masyarakat sudah dapat memiliki bibit pohon yang langsung ditanam di hutan.

“Dalam setiap hari selama campaign ini dibuka, pilihan pohon ini pun cepat habis. Hal ini membuktikan antusiasme pengguna yang cukup tinggi untuk berpartisipasi dalam menciptakan kelestarian lingkungan. Shopee ucapkan terima kasih kepada pengguna telah berkontribusi menjaga bumi bersama Shopee yang juga menjadi salah satu komitmen kami untuk Indonesia,” kata Handhika.

Untuk mekanismenya, bibit pohon Hari Bumi yang berhasil dipanen dalam game Shopee Tanam dapat diklaim dan ditukar menjadi bibit pohon kopi yang ditanam di Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana. Pengguna Shopee yang telah ikut berdonasi pohon, akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk 100 Koin Shopee dan sertifikat yang bisa dibagikan di media sosial. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee Indonesia