/Gufron Lana, Berbagi Kebaikan di Kala Pandemi Melalui Bubur Ayam Gratis

Gufron Lana, Berbagi Kebaikan di Kala Pandemi Melalui Bubur Ayam Gratis

Dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli 2021 ini, banyak pedagang makananyang mengeluhkan sepinya berjualan, akibat pembatasan waktu dan larangan pembeli makanan di tempat.

Tapi berbeda halnya yang dipikirkan dan dilakukan Gufron Lana, pemilik bubur ayam Alan Jaya yang sehari-hari berjualan bubur ayam di Pasar Cangkring,Jalan Terusan Suryani No 30 Kelurahan Warung Muncang, Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung.

Dia memilih untuk membagikan bubur ayam gratis kepada pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumahnya, sejak awal PPKM Darurat.

Untuk mencari pasien isoman yang membutuhkan bubur ayam ini, Gufron Lana mengirimkan broadcast di nomor kontak WhatsApp-nya. Isinya :

Bissmillah… PPKM

KHUSUS ISOMAN KOTA BANDUNG

Bagi semuanya, kalau ada Keluarga, Sahabat, Rekan2 atau siapapun di Kota

Bandung jika ada yg Isolasi Mandiri Keluarga nya teman atau siapapun, yang

butuh sarapan & makan malam.

Silahkan hubungi kami Bubur Ayam Alan Jaya, no WA saya 085156526257.

Ini Gratis untuk Makan yg sedang Isolasi Mandiri, kami antarkan langsung

Via GO Send atau grab expres

Tersedia utk outlet Kami di Area : Bandung.

Semua makanan Gratis

Gufron Lana

Owner Bubur Ayam Alan Jaya

Noted

1. Hasil PCR Positif

2. Radius 2 km dari outlet free ongkir, lebih dari itu ongkir ditanggung

penerima

3. Selama persediaan masih ada

4. Jam operasional 06.00 sd 09.00 WIB sore jam 16.00 sd 19.00

5. Berlangsung Selama PPKM Darurat sd 20 Juli 2021.

6. Format pemesanan :

– Nama

– Alamat Lengkap

– Photo hasil PCR

Positif

7. Apabila stok berjalan habis maka akan dikirim keesokan harinya

Titik Lokasi pengiriman :

*jl Terusan Suryani no 30*

*Kel Warung Muncang kec * *Bandung Kulon *

Setelah informasi ini tersebar, banyak pasien isoman tidak hanya yang rumahnya berada dalam radius 2 km dari tempat Gurfon Lana berjualan, tetapi sampai radius 10 km bahkan lebih.

Chat permintaan bubur ayam gratis ini pun dalam sehari bisa sampai 2.000 chat. Tetapi Gufron Lana membatasinya hanya 200 bungkus.

Hingga saat ini sudah ribuan bungkus bubur ayam gratis dibagikan kepada para pasien isoman di Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Pengiriman makanan ini pun berlangsung pada pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam.

Sebungkus bubur ayam ini, terdiri dari bubur, suwiran ayam goreng, kacang kedelai goreng, kecap, bawang merah goreng, kerupuk, sampai sambel.Praktis Gufron Lana pun, tidak lagi berjualan bubur ayam.

Semenjak PPKM Darurat, dia bersama istri dan ibunya di dapur rumahnya yang tak jauh dari tempatnya biasanya berjualan, sibuk memasak untuk memenuhi pesanan bubur ayam gratis bagi pasien isoman.

“Iya bukan fokus, tapi karena keterbatasan dan kemampuan saya saja. Karena banyak sekali permintaan yang isoman, jadi saya tidak bisa melayani pelanggan saya,”cerita Gufron Lana.

“Saya mulai produksi dari jam 01.30 WIB, di antar jam 5.30 WIB. Setelah selesai saya persiapan lagi untuk pengiriman sore,” ujarnya.

Dalam sehari, Gufron Lana menghabiskan 15 sampai 20 kg beras. Untuk memenuhi pesanan tersebut, mulanya Gufron Lana menggunakan tabungan pribadinya.

“Modal awalnya yah, dari tabungan saya pribadi tadinya buat DP kredit rumah dan kemarin sudah habis,” imbuhnya.

Tetapi kata Gufron Lana, sekarang sudah mulai banyak yang mendukung memberikan donasi. Satu diantaranya Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, yang memberikan 150 kg beras dan alat pelindung diri (APD) serta kebutuhan lainnya untuk menunjang protokol kesehatan.

Bubur Gratis untuk Tenaga Kesehatan

Selain memberikan bubur ayam gratis, kepada pasien isoman di rumah.Gufron Lana bersama Persatuan Pengemudi Ambulan Indonesia (PPAI) DPW Jabar membagikan bubur ayam gratis ini kepada para tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Secapa AD dan pasien isolasi di RSHS Kota Bandung, pada Sabtu 17 Juli 2021.

“Inisiatif saya sama PPAI sudah koordinasi sama direksi RSHS, karena kebetulan isoman yang order ke saya sudah agak berkurang,” Gufron Lana menjelaskan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang bubur ayam Alan Jaya ini, bisa mengunjungi akun instagramnya @buburalanjaya .

Ide Bubur Ayam Gratis

Keinginan Gufron Lana berbagi bubur ayam gratis bagi pasien isoman ini, bermula dari kegiatan warga di sekitar rumahnya yang bekerjasama dengan dirinya memberikan bubur ayam kepada pasien isoman yang berada di dekat rumahnya pada awal pandemi 2020.

“Awal-awal pandemi saya tergerak mulai ada pasien isoman di lingkungan sekitar rumah, sekitar pertengahan awal tahun 2020, dengan kondisi rumah kontrakan yang kamar-kamar kecil, gimana mereka mau bisa isoman, kalau tidak ada yang menyuplai makanan,” ucapnya.

“Ibu-ibu di lingkungan saya termasuk istri saya mulailah untuk menggalang dana untuk kebutuhan mereka yang sedang isoman mulai dari makanan sampai kebutuhan lainnya.Dan saya menyediakan sarapan dan makan malamnya yaitu bubur,” kisahnya. (*/Golali.id)

Dok : pribadi Gufron Lana

TAGS: