/Gempa Bumi Tektonik M 6,4 Landa Garut

Gempa Bumi Tektonik M 6,4 Landa Garut

Gempa bumi tektonik berkekuatan M 6,4 mengguncang bagian selatan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat atau Jabar, pada Sabtu 3 Desember 2022 pukul 16.49.41 WIB.

Mengutip akun instagram BMKG @infobmkg, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,44° LS ; 107,51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah :

1.Garut dengan skala intensitas IV MMI

2.Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI

3.Sumedang, Lembang, Pamoyanan, Panimbang,  Cikeusik, Labuan, Purworejo, Bantul, Kulonprogo dengan skala intensitas II-III MMI

4.Cikembar, Cugenang, Palabuhan Ratu, Bandung, Bogor, Cilacap, Sawarna, Cireunghas, Bojong, Yogyakarta, Wonosobo, Karangkates, Trenggalek dengan skala intensitas II MMI.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono, S.Si., M.Si.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : instagram @infobmkg

TAGS: