/Game Antarkan Azizah Assattari Mendunia

Game Antarkan Azizah Assattari Mendunia

Beragam cara dapat dilakukan untuk mengangkat budaya nusantara dan mengajak sesama saling mengasihi dan menjaga alam semesta. Salah satunya melalui game seperti yang dilakukan Azizah Assattari.

Perempuan kelahiran Padang 12 April 1988 merupakan lulusan dari S1Desain Komunikasi Visual dan S2 Game dan Teknologi dari ITB ini, menciptakan game bernama “Ghost Parade”, dengan tema makhluk fantasi yang diangkat dari kebudayaan Indonesia.

“GhostParade” adalah alam semesta yang berpusat dari cerita dari seorang gadis kecil yang berteman dengan hantu dan makhluk gaib. Di kelilingi suasana magis dan mistis, “Ghost Parade”menceritakan kisah gadis bernama Suri yang tersesat di hutan dan mencoba untuk kembali ke rumah.

Sepanjang jalan, ia berteman dengan banyak hantu mistis di dalam hutan untuk membimbingnya. Sebagai imbalannya, para hantu membutuhkan bantuan Suri untuk mengambil kembali hutan dari manusia yang menghancurkannya.

Tema ini Azizah Assattari angkat, untuk meningkatkan kesadaran kepada para audiens tentang pelestarian budaya dan banyak lagi masalah lingkungan seperti deforestasi dan binatang langka.

Konflik utama dalam cerita ini ada karena orang-orang mulai merusak hutan yang merupakan rumah untuk banyak hantu dan binatang. Di alam semesta ini, Azizah Assattari ingin orang-orang percaya bahwa manusia bisa lebih berbahaya dari hantu. “Ghost Parade”.

Game “Ghost Parade” ini bernaung di bawah perusahaan bernama Lentera Nusantara yang ia dirikan bersama Wahyu Agung Pramudito sebagai Co Founder pada tahun 2016.

Wahyu Agung Pramudito merupakan lulusan PhD dari Manchester University dengan bidang keahlian electro engineering dan telah mengeluarkan paten di bidang 5G.

Melalui Lentera Nusantara sebagai perusahaan start up, keduanya mengembangkan konten digital dan budaya berbasis teknologi seperti game yang bertema lokal Indonesia.

Lewat karya gamenya tersebut, mengantarkan Azizah Assattari menjadi salah satu nominator 7 Millenial Heroes di dunia. Di dalam negeri, ia masuk dalam 10 Pemuda Paling Berpengaruh di Indonesia pada tahun 2019 dari Presiden Joko Widodo.

Selain itu, “Ghost Parade” pun telah diterbitkan di level global oleh publisher terbaik nomor 7 di dunia yakni Aksys Games.

Tahun ini, Azzizah Assattari di bawah Lentera Nusantara merilis galeri seni digital dan fisikalnya yaitu “Semesta Nusantara Gallery” pada hari Rabu, 2 Februari 2022 bertempat di Lentera Nusantara Studio, JL. Cigadung Selatan II No. 7 Kota Bandung.

“Semesta Nusantara Gallery” ini merupakan lanjutan dari karya-karya Azzizah Assattari sebelumnya. “Semesta Nusantara Gallery” hadir dengan roadmap untuk menggabungkan galeri fisik diseluruh dunia dan galeri digital di metaverse, dalam wujud karya dengan cerita IP naratif dari konten lokal Indonesia.

Proyek berbasis seni NFT/krypto serta pengembangan ke permainan game play-to-earn ini dirancang Lentera Nusantara dengan tujuan untuk mengungkap potensi dan nilai seni nusantara di level standar global.

Dalam pembuatan “Semesta Nusantara Gallery” ini Azizah Assatari didukung penuh Riri Amalas Yulita, salah satu mentor paling esensial dalam karir Azizah di dunia kreatif mutimedia yang juga merupakan lulusan dari S1 Teknik Fisika ITB dan S2 Institut Manajemen Telkom.

Hadirnya “Semesta Nusantara Gallery” sekaligus merilis platform edukasi creator digital yang bernama “Lentera Creator’s Edu”, sebuah hybrid methods yang memadukan online dan offline class dengan visi mengangkat kekayaan alam, budaya, serta pariwisata Indonesia.

Pengembangan platform edukasi khusus kreator Indonesia ini juga membawa mimpi untuk mengedukasi bangsa menjadi kreator kelas dunia, dengan tujuan untuk membawa kekayaan khasanah nusantara, baik itu dalam karya seni ataupun kisah mitologi, sebagai sebuah wujud kekayaan intelektual tingkat tinggi di metaverse global.

Desa Wisata

Target selanjutnya, Azizah Assattari akan melebarkan karyanya pada desa wisata Indonesia, adat kebudayaan Minang Kabau, dan beberapa kolaborasi dengan fashion artist ternama. Dengan keberadaan “Semesta Nusantara Gallery” ini menunjukan kesungguhan karya-karya dari Azizah Assattari dibawah Lentera Nusantara dalam memperkenalkan budaya Indonesia, serta Azizah Assatari tidak akan menolak ajakan untuk kolaborasi demi tertujunya mata dunia terhadap Indonesia.

Donasi

Selain itu, nantinya sebagian hasil dari karya “Semesta Nusantara Gallery” akan didonasikan kepada Yayasan Kanker agar dapat mendukung keberlangsungan pendidikan anak-anak dengan orang tua penderita kanker. Sehingga “Semesta Nusantara Gallery” ini bisa menjadi wadah dunia untuk terus bertumbuh, berkembang, dan bermanfaat.

“Melalui karya ini kami ingin mengatakan pada dunia bahwa Lentera Nusantara mampu menggabungkan tekonologi dan karya lokal Indonesia dengan kualitas terbaik dibalut dengan cara yang unik untuk mengharumkan nama bangsa keseluruh dunia sehingga dapat bermanfaat untuk semesta, demikian visi kami berdua.” ungkap Azizah Assatari dan Riri Amalas Yulita dalam rilis yang diterima Golali.id, Sabtu 5 Februari 2022. (*/Golali.id)

Nama                                       :  Azizah Assattari

Tempat dan Tanggal Lahir     : Padang 12 April 1988

Pendidikan                              :  Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual dan S2 Game dan Teknologi ITB

Profesi                                     : Pendiri Lentera Nusantara

Penghargaan                            :

  • Nominator 7 Millenial Heroes di dunia
  • 10 Pemuda Paling Berpengaruh di Indonesia pada tahun 2019 dari Presiden Joko Widodo.

GHOST PARADE

Email                                     : ghostparadegame@gmail.com

Instagram                            : @ghost.parade @ghostparadecomic

Tiktok                                   : @surighostparade

Twitter                                 : @GhostParadeGame

Youtube                               : GhostParade TV

Facebook                             : Ghost Parade

KONTAK

Website                               : www.lentera-nusantara.com

Email                                     : admin@lentera-nusantara.com

Instagram                            : @lentera.nusantara

Facebook                             : Lentera Nusantara

foto : Lentera Nusantara

keterangan foto : Game “Gost Parade”