/Efek Rumah Kaca Luncurkan Album Rimpang dalam Bentuk CD

Efek Rumah Kaca Luncurkan Album Rimpang dalam Bentuk CD

Efek Rumah Kaca (ERK) bekerja sama dengan perusahaan label rekaman demajors, meluncurkan album keempat ERK berjudul Rimpang dalam format fisik berbentuk CD, setelah sebelumnya album Rimpang dirilis dalam format digital.

“Ini merupakan album penuh pertama kami tanpa Adrian Yunan, yang sidik jarinya begitu tebal dalam lagu maupun lirik Efek Rumah Kaca yang lalu. Namun begitu, kehadiran Poppie Airil dan Reza Ryan membuat kami mampu melangkah ke wilayah-wilayah yang belum pernah kami jelajahi sebelumnya, sehingga membuat Rimpang menjadi album yang kami rasa berbeda dari album-album kami sebelumnya. Semoga, begitu juga album-album berikutnya, akan tetap menjelajah,” beber vokalis ERK, Cholil dalam siaran pers yang diterima Golali.id.

Dalam album ini terdapat 10 lagu, yang telah dikumpulan sejak tahun 2016 ERK, perlahan merekam, mengaransemen, mendengarkan berbagai hasil rekaman, membongkar ulang, lalu menyelesaikan proses rekaman,

Rimpang adalah salah satu lagu dalam album yang dianggap paling pas untuk mewakili apa yang ingin disampaikan ERK dan menjadi benang merah dari berbagai kritik dan otokritik serta kesah dan gelisah, sehingga Rimpang menjadi tajuk album.

Terinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari, Rimpang merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi (santai maupun tertekan) menjalar secara diam-diam.

Sementara lagu Heroik yang telah diluncurkan pada bulan September tahun 2022, adalah single pertama dari album Rimpang, sekaligus perkenalan atau kisi-kisi arah musikal ERK berikutnya.

Selanjutnya, Fun Kaya Fun, fokus trek dalam album ini yang dibawakan bersama Suraa, pseudonim dari Cempaka Surakusumah yang kerap membantu ERK tampil di berbagai panggung.

Selain Suraa, ERK juga berhasil mewujudkan impiannya untuk berkolaborasi dengan dedengkot hip-hop yang karya-karyanya mereka kagumi, Morgue Vanguard, pada lagu Bersemi Sekebun.

CD album Rimpang hadir sebagai paket yang juga berisi 10 kartu pos yang ilustrasinya mewakili tiap lagu dalam album. Paket CD tersedia mulai 31 Maret 2023 di seluruh jaringan edar, juga website demajors. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : istimewa

TAGS: