/Dukung Ekosistem Digital, Sea Limited Hadirkan Sea Labs Indonesia

Dukung Ekosistem Digital, Sea Limited Hadirkan Sea Labs Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada  Sea Limited yang telah menghadirkan Sea Labs Indonesia, sebagai salah satu langkah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Saya sangat menghargai upaya-upaya ini, kita harapkan perkembangan ekonomi digital ini akan memicu pemasaran ekonomi UMKM. Sehingga memberikan kontribusi yang inklusif, merata, dan berkeadilan,” kata Jokowi saat meresmikan Sea Labs Indonesia, Selasa 1 Maret 2022.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan Indonesia memiliki potensi yang besar dalam ekonomi digital. Pada tahun 2025 ini diperkirakan mencapai 146 miliar US Dollar, sedangkan pada tahun 2030 diproyeksikan akan naik delapan kali lipat mencapai Rp4.531 triliun.

Sementara pertumbuhan ekonomi digital pada tahun 2021 ini naik dua digit, untuk itu kata Jokowi, Indonesia tidak hanya jadi pasar untuk pertumbuhan ekonomi digital tetapi harus jadi pemain.

“Ekosistem yang kondusif harus kita bangun bersama-sama, digital talent yang di luar (anak bangsa yang bekerja di luar negeri) harus kita undang  ke tanah air dalam rangka bangun ekosistem,” imbuh Jokowi.

Presiden Joko Widodo meresmikan Sea Labs Indonesia

Talenta digital

Sea Labs Indonesia merupakan bagian dari tim global yang mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di sektor digital. Melalui kurikulum yang disiapkan oleh para ahli di bidang teknologi dan digital serta kesempatan penerapan ilmu secara langsung dalam menjawab permasalahan bisnis nyata.

Sea Labs Indonesia akan mencetak 1.000 orang talenta digital yang siap berkarya bagi bangsa. Selain itu, Sea Labs Indonesia akan menjadi platform untuk mempersiapkan generasi technopreneur masa depan yang dapat meningkatkan potensi ekonomi digital di Indonesia.

Sea Labs Indonesia membuka peluang bagi talenta digital Indonesia untuk menjadi bagian dari ekosistem teknologi kelas dunia dengan menghadirkan pengajar dan mentor yang berpengalaman. Sea Labs juga akan menghadirkan para ahli asal Indonesia yang telah mendunia untuk berbagi pengalaman dan ilmu dengan talenta-talenta Indonesia.

Dalam peresmian ini, Jokowi sempat berbincang dengan tujuh engineer yang bekerja di Indonesia dan empat engineer yang bekerja di Singapura, Amerika Serikat, dan Inggris.

Selain Jokowi, persemian Sea Labs Indonesia ini dihadiri Mendikbudiristek Nadiem Makarim, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Chairman & Group CEO Sea Forrest Li, Chief Operating Officer Sea Ye Gang, dan  Director & Country Head Sea Indonesia Kiky Hapsari. (*/Golali.id)

foto : Sea Limited