/Dodol Garut, Ikon Kabupaten Garut yang Manis Gurih

Dodol Garut, Ikon Kabupaten Garut yang Manis Gurih

Kabupaten Garut dikenal juga dengan julukan kota dodol, hal ini tidak terlepas dari salah satu kuliner khas Garut yang terkenal yaitu dodol.

Cemilan tradisional dari garut ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan gula aren atau gula merah, juga santan kelapa. Dimasak dalam waktu yang cukup lama dan juga diaduk hingga kalis.

Ciri khas dari dodol garut berwarna kecokelatan yang berasal dari gula aren, memiliki rasa yang manis gurih, dan bertekstur kenyal juga lengket. Kekenyalan dan lengketnya dodol garut ini berasal dari tepung beras ketan.

Dodol garut biasanya dibungkus dengan kertas minyak dengan bentuk kotak kecil. Dodol garut sering dipilih sebagai oleh-oleh, karena kuliner khas Garut ini awet disimpan dalam waktu yang cukup lama. Kendati tidak menggunakan bahan pengawet.

Dodol garut sangat nikmat disantap dengan teh pahit hangat maupun kopi. Saat ini, untuk mendapatkan dodol garut tidaklah sulit.

Selain banyak dijual para pedagang oleh-oleh di Kabupaten Garut, dodol ini pun banyak dijual di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar Garut. Seperti Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. (*/Golali.id)