/Dimana Lokasi Jembatan Cibiru Hilir ?

Dimana Lokasi Jembatan Cibiru Hilir ?

Lokasi Jembatan Cibiru Hilir berlokasi di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Jembatan Cibiru Hilir ini menggantikan Jembatan Cibiru eksisting yang berada tepat di sisi kanan jembatan baru.

Jembatan Cibiru Hilir ini resmi beroperasi pada Kamis 10 Agustus 2023, tujuannya untuk memudahkan perjalanan dari dan menuju Stasiun Tegalluar sebagai salah satu stasiun dari kereta api cepat Jakarta Bandung.

Jembatan Cibiru Hilir memiliki pannjang 734 meter dengan lebar 9 meter, termasuk jalur pejalan kaki selebar 1 meter di setiap sisinya. Hal ini membuat Jembatan Cibiru Hilir lebih lebar dari jembatan sebelumnya yang hanya memiliki lebar 4 meter. Jembatan Cibiru Hilir ini dapat dilintasi kendaraan roda 2 dan roda 4, serta dapat dilintasi 2 kendaraan roda 4 sekaligus.

Peresmian operasional Jembatan Cibiru dilakukan Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dan Bupati Bandung Dadang Supriatna, Kamis 10 Agustus 2023.

“Alhamdulillah pembangunan Jembatan Cibiru Hilir ini sudah rampung. Saat ini jembatan Cibiru Hilir sudah bisa digunakan masyarakat dan nantinya akan mempermudah masyarakat untuk mengakses Stasiun KA Cepat Tegalluar. Tidak hanya bermanfaat bagi penumpang KA Cepat, jembatan baru ini diharapkan juga bisa bermanfaat dan memberikan dampak baik bagi aktivitas masyarakat di sekitar trase,” kata Dwiyana seperti dikutip Golali.id dari website kcic.co.id.

Proses pembangunan Jembatan Cibiru Hilir

Pembangunan Jembatan Cibiru Hilir tahap I berlangsung sejak November 2020 hingga April 2021, meliputi pembangunan struktur bawah.
Pembangunan tahap 2 berlangsung sejak Maret hingga Agustus 2023 untuk pembangunan struktur atas.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : kcic.co.id