/Di Bandung, Cari Oleh-Oleh Haji dan Umroh Dimana?

Di Bandung, Cari Oleh-Oleh Haji dan Umroh Dimana?

Kota Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jabar memiliki berbagai tempat yang menyediakan berbagi oleh-oleh lokal maupun mancanegara, termasuk saat mencari oleh-oleh haji dan umroh Mekkah.

Kita bisa mencari oleh-oleh haji dan umroh di pertokoan Pasar Baru Bandung yang berada di Jalan Otto Iskandar Dinata Kota Bandung.    

Pemilik Toko Hasanah, Risma Febrian Safitri mengatakan para jemaah haji dan umrah, biasanya mereka lebih mencari peralatan dan oleh-oleh dari tanah suci.

Oleh-oleh ini biasanya sudah dalam bentuk paketan kecil. Harganya mulai dari Rp12.000.

“Isinya kacang, kurma, kismis, dan air zamzam. Biasanya mereka ingin ada tambahannya juga seperti tasbih atau pacar Arab. Itu biaya tambahannya paling Rp1.000. Isinya juga bisa by request,” katanya dalam rilis HUMAS PEMKOT BANDUNG.

Barang-barang ini Risma peroleh impor dari Arab Saudi, Pakistan, dan Jakarta.

“(Barang) di sini tidak beda jauh dengan yang ada di Saudi. (Arab Saudi).  Makanya kami juga sering ingatkan ke pembeli. Kalau mau beli-beli di sana, cari saja yang tidak ada di sini,” ucap Risma.

Sementara Toko Ramadhani milik Muhammad Toha di lantai 4 Pasar Baru Bandung, termasuk salah satu toko yang menjual oleh-oleh lebih bervariatif. Ada jam, satu set alat minum air zamzam, peralatan ibadah, dan aksesoris lainnya.

“Tapi yang paling banyak dicari sama orang buat oleh-oleh itu kurma, sajadah, kacang-kacangan, dan aksesoris juga. Kita bisa juga sediakan dengan paket kotak kecil mulai dari Rp15.000, tergantung pemesanan,” ungkap Ahmad sapaan Muhammad Toha.

Ia mendapat barang dagangannya dari penyuplai di Arab Saudi, Jakarta, Surabaya, dan Kalimantan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung