/Deretan Penghargaan Pemkot Bandung Terapkan Smart City

Deretan Penghargaan Pemkot Bandung Terapkan Smart City

Berbagai program dan inovasi yang telah dilakukan Pemkot Bandung untuk membangun Bandung Smart City, Kota Bandung berhasil meraih indeks smart city tertinggi di Indonesia pada 2021 dengan angka 3,71.

Angka ini terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan berbagai inovasi di bidang aplikasi dan layanan berbasis digital.

Kota Bandung tampil sebagai kota terbaik dari 100 Smart City di Indonesia. Hasil ini didapat berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). Dari 100 smart city, Kota Bandung meraih skor akhir 3,71 dengan tingkat improvement 0,37.

Tahun 2022 ini pula, Pemkot Bandung menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai Terbaik Kategori Smart Governance Gerakan Menuju Smart City dalam dimensi Smart City.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap upaya Pemkot Bandung yang telah melaksanakan tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terintegrasi di Kota Bandung.

Smart governance, lanjut Yayan, meliputi pengelolaan aplikasi, pengelolaan infrastruktur, pengelolaan Sumber Daya Manusia dan pengelolaan data yang terintegrasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Di Kota Bandung 4 hal tersebut yang kita lakukan terus menerus agar e-government-nya berjalan dengan baik dan bisa dilaksanakan dengan biaya yang murah yang mengacu pada pengelolaan SPBE,” kata Yayan.

Ia mengatakan, dengan smart governance tersebut dapat membuat layanan pemerintah kota Bandung lebih transparan.

“Kita sangat berharap ini menjadi unggulan. Dengan smart governance, Kota Bandung lebih transparan karena kita mengandalkan sistem secara online. Itu mempermudah layanan pada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Yayan, penghargaan tersebut juga merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi pentahelix antara OPD, masyarakat, akademisi, media, perusahan dan stakeholder lainnya.

“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi pemacu kami dalam menjalankan roda pemerintahan yang efektif dan efisien untuk memberikan pelayanan sempurna bagi masyarakat,” ungkapnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung