/Combro Adalah

Combro Adalah

Combro adalah kuliner khas Sunda yang terbuat dari singkong dengan isian oncom. Nama comro adalah akronim dari oncom di jero (oncom di dalam/ bahasa Sunda), memiliki rasa khas singkong berpadu dengan oncom yang telah mendapatkan bumbu rempah.

Tekstur combro yang renyah di luar dan padat pada bagian dalam ini, tidak hanya sebagai makanan selingan tetapi juga dapat menjadi salah satu cara menunda lapar.

Pasalnya singkong mengandung serat dan karbohidrat, yang mudah membuat perut kenyang. Proses pembuatan combro termasuk gampang-gampang susah, dimana singkong yang telah melalui proses pemarutan kemudian diperas.

Setelah itu campur singkong parut dengan beragam bumbu seperti bawang putih dan garam yang telah diulek halus. Kemudian buat bulat-bulat dan pipihkan, tambahkan oncom yang telah ditambah garam dan cabai merah atau rawit.

Kemudian bulatkan kembali lalu goreng dalam minyak panas dan banyak sampai kecokelatan. Combro masih banyak dibuat dan dijual di pasar-pasar ataupun di pedagang gorengan yang ada di Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan daerah lainnya di Provinsi Jabar. (Yatni Setianingsih/Golali.id)