/Christian Sugiono Kupas Tuntas Konsep Smart Home di Bincang Shopee 6.6

Christian Sugiono Kupas Tuntas Konsep Smart Home di Bincang Shopee 6.6

Aktor Christian Sugiono menjelaskan konsep smart home yang diterapkan dirumahnya, menurutnya konsep rumah pintar ini sangat penting untuk kenyamanan, keamanan, kebersihan, dan efisien.

“Konsep smart home ini penting, contohnya saya terapkan pada kamar mandi tamu sehingga tidak perlu pegang kran air karena memakai sensor,” terang suami dari aktris Titi Kamal ini dalam Bincang Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale: Hunian Pintar Ramah Kantong, Selasa 24 Mei 2022.

Selain itu, Christian Sugiono yang juga berprofesi sebagai entrepreneur mencontohkan penggunaan CCTV untuk mengawasi semua kegiatan di dalam maupun di luar rumah yang tidak seluruhnya dapat terpantau.

“Keamanan. Saya punya anak kecil, rumah cukup luas, penting juga CCTV. Kita harus punya CCTV yang kita apa yang enggak bisa dilihat. Untuk efisiensi menyalakan dan mematikan AC melalui handphone,” sambung pemeran Dony dalam Film Jomblo ini.

Lebih lanjut, Christian Sugiono menjabarkan konsep smart home ini tidak hanya berhubungan dengan teknologi tetapi juga penataan barang di rumah yang sesuai dengan peruntukannya sehingga rumah terlihat rapi.

Sementara menurut arsitek Revano Satria, penerapan smart home harus mempertimbangkan fungsi dan harga dari barang-barang yang akan digunakan dalam menjalankan konsep rumah pintar ini.

“Dulu (barang-barang untuk smart home) harganya lumayan mahal, dibandingkan harga sekarang. Dulu bisa 20 kali lipat (dari harga sekarang). Sekarang sistemnya bisa do it yourself (DIY) bisa pasang sendiri tidak perlu tenaga ahli,” tutur Revano Satria. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

TAGS: