Lisa Quincy adalah salah seorang kreator Shopee Live, yang berhasil meraih banyak penghasilan hingga mampu membuka lapangan kerja. Berawal dari hobinya berbelanja produk fashion dan lifestyle secara online, ibu rumah tangga ini mencoba peruntungannya bergabung dengan Shopee Affiliate Program pada tahun 2023 lalu.
Dalam perjalannya Lisa menyadari potensi besar dalam fitur Shopee Live dan Shopee Video dan semakin ingin untuk mempelajari cara kerjanya, hingga akhirnya Lisa mulai membangun pilar konten, memilih produk yang memiliki nilai tambah bagi audiensnya, serta memastikan setiap produk yang dipromosikan sudah diriset secara menyeluruh untuk menjaga kredibilitasnya.
Berkat konsistensi dan dedikasinya, Lisa berhasil meningkatkan jumlah penonton dan pendapatannya dalam hanya dalam kurun waktu 3-4 bulan, dan berhasil meraih penghargaan Super Fashion Live Creator di Shopee Super Awards tahun 2023 pada bulan Januari 2024 lalu. Keuntungan yang diperoleh memungkinkan Lisa mewujudkan impiannya seperti merenovasi rumah, mendanai pendidikan anak-anak, hingga membuka lapangan pekerjaan. Kini, Lisa mempekerjakan tiga orang dalam timnya, termasuk co-host, tim kreatif, hingga tim live streaming.
“Aku bangga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk tim kecilku. Ini langkah awal, dan aku berharap bisa terus berkembang bersama mereka dan Shopee,” ungkap Lisa dalam siaran pers Shopee, yang diterima Golali.id Jumat 18 Oktober 2024.
“Salah satu pencapaianku adalah dalam satu sesi Shopee Live, aku berhasil menjual sebanyak 1.000 produk parfum kepada pengguna. Melihat produk-produk lokal yang aku promosikan semakin diminati masyarakat telah menjadi kepuasan tersendiri,” sambung Lisa.
Baca juga : Shopee 10.10 Brands Festival Naikan Transaksi Shopee Mall
Baca juga : Penjualan Produk Lokal di Shopee 9.9 Mayoritas Lewat Shopee Live dan Video
Lisa Quincy pun berbagai rahasia keberhasilannya menjadi kreator Shopee Live :
1) Maksimalkan Ragam Fitur untuk Meningkatkan Engagement dan Penjualan
Bagi Lisa, penting untuk memahami dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh platform secara optimal. Mulai dari kalender kampanye, bundling produk, dan voucher diskon dapat menjadi alat efektif dalam meningkatkan engagement dan konversi penjualan.
Berkolaborasi dengan brand lokal yang sesuai juga menjadi strategi yang tepat untuk memastikan produk yang ditampilkan relevan dengan tren dan permintaan audiens sehingga kita bisa menampilkan produk yang tepat sasaran, mendukung pertumbuhan brand lokal, dan memenuhi kebutuhan konsumen.
2) Bangun Kesan dan Interaksi yang Kuat dengan Penonton
Interaksi yang ramah dan ceria selama sesi adalah kunci dari keberhasilan setiap sesi live yang dilakukan Lisa. Contohnya dengan menciptakan suasana nyaman bagi penonton sehingga seolah-olah mereka berbicara dengan sahabatnya sendiri.
Pendekatan ini dapat meningkatkan loyalitas penonton dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia. Untuk mewujudkan hal itu, penting untuk memiliki persiapan teknis yang matang. Selain memilih produk yang menarik, Lisa selalu memastikan pencahayaan dan persiapan lokasi syuting yang baik agar produk terlihat maksimal, terutama untuk kategori fashion.
3) Selalu Up-to-date dengan Perkembangan Tren
Industri kecantikan dan fashion terus berkembang dengan cepat sehingga penting bagi kreator untuk selalu up-to-date dengan tren terbaru. Konsistensi dalam belajar dan beradaptasi memungkinkan kreator tetap relevan di mata audiens. Kolaborasi dengan brand lokal dan UMKM menjadi langkah strategis untuk memperluas jangkauan produk berkualitas ke audiens. (Yatni Setianingsih/Golali.id)
foto : Dok Shopee