/Cerita Lahirnya Buku Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi Biografi Pierre Tendean

Cerita Lahirnya Buku Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi Biografi Pierre Tendean

Buku Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi Biografi Pierre Tendean adalah salah satu buku, yang mengisahkan tentang perjalanan hidup hingga akhir hayat dari Pahlawan Revolusi, Pierre Tendean. Termasuk kisah asmara Pierre Tendean.

Buku Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi Biografi Pierre Tendean, sebuah karya yang ditulis 7 penulis yaitu :

Abie Besman
Iffani Saktya
Noviriny Drivina
Irma Rachmania Dewi
Laricya Umboh
Neysa Ramadhani
Ziey Sullastri

Menurut salah satu penulis Buku Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi Biografi Pierre Tendean, Abie Besman pengerjaan buku biografi ini sekitar 2 tahun. Dimulai sekitar tahun 2016 dan diluncurkan pada awal tahun 2019.

“Sebelumnya, 7 orang penulis ini telah melakukan riset masing-masing, tantangan kita bukan lagi collecting data (pengumpulan data), (tetapi) kita harus berbalapan dengan waktu. Narasumber itu yang kenal Pierre udah sepuh. Kita menemukan teman-teman Om Pierre masih sehat-sehat semua (saat itu). Beberapa tahun setelahnya, 5 tahun terakhir ini memang ada beberapa narasumber yang sudah meninggal dunia,” kata Abie Besman dalam Diskusi Buku #4 Temu Sejarah: Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi “Pierre Tendean” secara daring atau online, Kamis 7 Maret 2024.

Sementara menurut penulis lainnya, Noviriny Drivina tantangan dalam menulis Buku Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi Biografi Pierre Tendean untuk memilah fakta yang akan dimasukkan dalam buku. Terkadang data yang disampaikan narasumber ada yang berubah-ubah.

Ketertarikan para penulis, membuat biografi tentang Kapten (Anumerta) Pierre Tendean karena selama ini menurut Abie Besman belum ada profil tentang kehidupan Pierre Tendean.

“Pierre adalah punya jiwa patriotisme yang tinggi itulah yang jadi judul buku ini. Semua narasumber yang ditanyai itu menilai Pierre patriotisme. Ini hasil dari didikan dari kecil dari orang tuanya. Ayahnya seorang dokter dan ibunya keturunan Prancis. Pierre ingin terlibat membesarkan Indonesia, membela Indonesia,” papar Abie Besman. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

TAGS: