/Cerita Haykal Kamil Rambah Dunia Fashion

Cerita Haykal Kamil Rambah Dunia Fashion

Salah satu owner dan pendiri ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil membangun brand ZM Zaskia Mecca sebagai brand fashion muslim di tahun 2015 lalu. 

Lahir dari kolaborasi bersama kedua kakak nya, Zaskia Adya Mecca dan Tania Ray Mina, Haykal memiliki visi untuk mempromosikan gaya hidup halal, namun tetap mengikuti tren masa kini melalui desain hijab dan pakaian muslim yang menarik.

“Awalnya kami mendistribusikan produk ZM Zaskia Mecca secara offline, bahkan produk kami juga tersedia di 120 toko yang tersebar di Indonesia. Namun, cara penjualan ini belum memberikan jangkauan yang maksimal seperti yang kami inginkan. Sehingga di tahun 2018 kami mulai merambah ke ranah online dengan bergabung bersama Shopee. Langkah ini sangat tepat kami lakukan karena kami bisa memperluas kehadiran ZM Zaskia Mecca ke basis konsumen Shopee hingga ke pelosok Indonesia dan memberikan peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada puncak kampanye Shopee 9.9 dan 10.10 baru-baru ini,” beber Haykal Kamil dalam keterangan resmi dari Shopee, yang diterima Golali.id, Senin 27 November 2023.

Pada tahun 2020, Haykal mengikutsertakan brand ZM Zaskia Mecca dalam Program Ekspor Shopee, yang telah membuat produk hijab dan fashion muslim asal Jakarta ini bisa sampai ke tangan pembeli mancanegara di negara Shopee beroperasi.

Namun, datang lah pandemi yang melanda. Momen ini membawa banyak perubahan, termasuk dalam perubahan perilaku belanja masyarakat, sehingga mengharuskan Haykal untuk menyesuaikan strategi pemasarannya. Walaupun brand yang ia miliki sudah bergabung dengan Shopee sehingga penjualan onlinenya tidak terdampak, namun dirinya terus mengambil berbagai langkah untuk kian mengenalkan produk ZM Zaskia Mecca lebih luas lagi.

Mulai dari terus menciptakan produk baru dan menghadirkan kolaborasi dengan publik figur maupun brand lain, hingga memanfaatkan fitur live streaming Shopee Live. Langkah-langkah ini mengantarkan brand ZM Zaskia Mecca untuk bisa bertahan di tengah pandemi bahkan meniti kesuksesan yang lebih hingga saat ini.

“Kami memulai Shopee Live dengan sederhana, dengan jumlah penonton yang terbatas dan jadwal tiga kali seminggu. Awalnya hanya coba-coba karena kami melihat antusiasme masyarakat yang meningkat untuk belanja lewat Shopee Live. Pengalaman yang kami rasakan lewat Shopee Live juga sangat berbeda, karena selain bisa memberikan informasi produk dengan sangat terperinci, konsumen juga semakin dimudahkan karena bisa langsung membeli produknya melalui Keranjang Orange di fitur ini.

Sehingga seiring berjalannya waktu, kami berhasil menarik banyak konsumen dengan penawaran menarik selama sesi berlangsung dan semakin banyak pesanan yang didapatkan tiap harinya. Melihat respon masyarakat, saat ini jadwal Shopee Live nya kami buat dengan durasi lebih lama dan intensitas yang lebih sering, minimal empat jam dan setiap hari. Evolusi strategi ini menjadi kunci kesuksesan kami di dunia e-commerce yang sangat dinamis, yang pastinya sangat diakomodir oleh Shopee,” urai Haykal Kamil. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Shopee