/Cerita Alice Norin Dirikan Fashion Today, dari Hobi Jadi Pengusaha

Cerita Alice Norin Dirikan Fashion Today, dari Hobi Jadi Pengusaha

Sudah lebih dari satu dasawarsa, aktris Alice Norin berkiprah menjadi pengusaha fashion yang memiliki merek Fashion Today. Kiprahnya dalam industri busana ini, bermula dari reseller berbagai produk fashion baik impor maupun dalam negeri. Teman-temannya sesama artis selalu suka dengan gaya penampilan Alice Norin yang kekinian, sehingga memesan baju kepada Alice Norin.

“Aku memang hobi dalam dunia fashion. Tahun 2011 awalnya lagi giat-giatnya syuting sinetron, banyak temen artis nyari baju ke aku, aku itu reseller produk lain, waktu itu jastip (jasa titip) seperti dari Bangkok (Thailand), kualitasnya di luar kontrol aku,” cerita Alice Norin dalam Webinar Shopee Seller & Creator Success Story, Rabu 5 Juni 2024.

Alice Norin berpikir supaya kualitas baju yang dipesan teman-temannya dapat terjaga, Alice Norin pun berinisiatif untuk memproduksi baju sendiri. Alice Norin belajar tentang produksi busana secara otodidak, untuk itu Alice Norin pun sempat mengikuti seminar tentang seluk-beluk fashion.

“Akhir 2011 aku launching namanya (mereknya) 8wood. Modal nekad, enggak ada background desain baju. Aku kayaknya buta banget (soal produksi baju) cari-cari siapa yang jago potong (kain), cari konfeksi. Dimulai dari gudang di garasi aku, aku atur waktu antara syuting dan bisnis,” beber Alice Norin mengenang.

Sistem penjualan yang diterapkan Alice Norin secara online, melalui website 8Wood dan ganti merek menjadi Fashion Today. Baru pada tahun 2020, Alice Norin bergabung dengan e-commerce Shopee. Kini Alice Norin memadukan penjualan melalui website Fashion Today dan Shopee.

Gaya fashion yang diusung Alice Norin melalui merek Fashion Today adalah dailywear dengan model andalannya kemeja yang memiliki cutting yang khas. Melalui Fashion Today Alice Norin ingin menghadirkan busana yang nyaman untuk dipakai sesuai dengan etika, estetika, dan cuaca di Indonesia dengan harga terjangkau. Bahan yang digunakan untuk semua produk busananya mulau dari katun, polister, linen, wool.

“Semua bahan lokal untuk produksi, saat ini Fashion Today sudah dapat mempekerjakan 250 pegawai menuju 300 pegawai, awalnya pegawai 3 termasuk aku. Seneng banget bisa membuka lapangan pekerjaan berawal dari hobi ini,” ungkap Alice Norin. (Yatni Setianingsih/Golali.id)