/Catat Tanggal Peluncuran Prangko Gerhana Matahari Hibrid 2023

Catat Tanggal Peluncuran Prangko Gerhana Matahari Hibrid 2023

Kemenkominfo dan PT Pos Indonesia akan meluncurkan prangko seri gerhana matahari hibrid, bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari hibrid pada Kamis, 20 April 2023.

Mengutip siaran pers yang diterima Golali.id, prangko seri gerhana matahari hibrid tersedia dalam tiga keping.

Prangko seri gerhana matahari hibrid  ini didesain Tiyadi Guntur Wiratmo, S.Sn., M.Sn. yang sebelumnya mendesain seri prangko Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016, berkerja sama erat dengan Observatorium Bosscha sebagai penanggung jawab konten.

Guntur yang merupakan staf pengajar Kelompok Keahlian KK Komunikasi Visual dan Multimedia, Fakultas Desain dan Seni Rupa ITB secara khusus mengangkat cerita budaya dari Indonesia Timur dalam seri perangko gerhana kali ini, gambaran yang relevan mengingat jalur totalitas gerhana melewati daerah timur Indonesia.

Untuk diketahui, gerhana matahari total yang telah terjadi di Indonesia pada tahun 1983 dan tahun 2016 pun diabadikan dalam bentuk perangko.

Sementara gerhana matahari hibrid pertama kali di Indonesia tahun 2023, di mana untuk kawasan gerhana matahari total berlangsung di Indonesia bagian timur, sedangkanbagian lainnya mengalami gerhana matahari sebagian. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas ITB

TAGS: