Ryusei adalah salah satu brand fashion pria asli Indonesia, yang didirikan Aris Yulianto pada tahun 2008. Berbekal pengalaman Aris Yulianto sebagai produsen pakaian untuk sejumlah brand internasional, Aris Yulianto melihat adanya peluang besar untuk menciptakan brand lokal yang dapat bersaing di pasar global.
Sejak awal didirikan, Ryusei selalu mengedepankan konsep desain timeless yang minimalis, namun tetap modern dan fungsional. Proses produksi Ryusei sepenuhnya dilakukan di Indonesia, mulai dari pencarian bahan baku hingga pembuatan produk.
Setiap tahap pengelolaan, dari pemilihan bahan hingga desain, ditangani oleh tim kreatif internal yang juga berbasis di Indonesia. Dengan menggandeng pemasok lokal, Ryusei memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan menggunakan material berkualitas tinggi.
Fokus pada produksi lokal pun tidak hanya mendukung kualitas produk, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan di sektor garmen dan industri kreatif. Saat ini, Ryusei telah mempekerjakan lebih dari 100 karyawan.
Awalnya produk Ryusei dipasarkan melalui sejumlah toko offline. Namun beragam faktor eksternal seperti perubahan tren berbelanja dan pandemi Covid-19 pun, membuat Aris Yulianto harus beradaptasi dan mulai fokus pada strategi digital.
Dalam upayanya untuk memperluas jangkauan Ryusei, Aris Yulianto bergabung dengan penjualan online seperti Shopee.
Baca juga : 2 Lokasi Sentra Kain di Kota Bandung
Baca juga : Inilah Kain Asli Garut
“Sebagai pelaku usaha di industri fashion, saya sadar bahwa beradaptasi, bukan hanya dari segi desain produk namun juga strategi penjualan, merupakan kunci utama dalam menjaga eksistensi suatu brand. Maka, saat melihat adanya pergeseran tren belanja dari offline ke online ditambah dengan situasi pandemi pada tahun 2020 yang membuat saya harus menutup seluruh outlet Ryusei, saya memutuskan untuk segera memaksimalkan strategi digital,”
” Salah satu hal pertama yang saya lakukan adalah bergabung dengan Shopee, karena melihat tersedianya sejumlah program serta fitur yang dapat meningkatkan potensi penjualan. Ternyata, keputusan saya menjadi langkah yang tepat, sebelumnya penjualan Ryusei mungkin ratusan produk per-hari, namun setelah bergabung dengan Shopee meningkat menjadi ribuan penjualan setiap harinya. Apalagi sejak mulai aktif bergabung dengan kampanye angka kembar, dan memanfaatkan fitur interaktif seperti Shopee Live, dimana Ryusei mengalami peningkatan penjualan hingga 10 kali lipat,” beber Aris Yulianto seperti dikutip Golali.id dari siaran pers Shopee, Rabu 2 Oktober 2024.
“Ryusei melihat bahwa persaingan brand fashion pria lokal saat ini semakin ketat, dengan banyak brand baru yang muncul. Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan tren serta preferensi konsumen, dengan menghadirkan produk yang tidak hanya fashionable, tetapi juga sustainable, serta memperkuat kehadiran kami melalui platform digital yang interaktif. Maka itu, kami berharap kolaborasi bersama Shopee dapat terus berjalan dengan baik sehingga kita bersama-sama dapat berkontribusi terhadap perkembangan industri fashion lokal Indonesia,” sambung Aris. (Yatni Setianingsih/Golali.id)
foto : Shopee