/Cara Gunakan Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee

Cara Gunakan Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee

Mengutip keterangan resmi dari Shopee, berikut cara menggunakan garansi pengembalian bagi konsumen yang membeli produk di Shopee :

= Belanja produk yang tercantum label ‘Bebas Pengembalian’: Ketika memilih produk yang ingin dibeli, pastikan produk memiliki label ‘Bebas Pengembalian’. Kemudian, kamu bisa klik ikon ‘Keranjang’ untuk memasukkan produk ke keranjang belanja Shopee atau klik ‘Beli Sekarang’ pada laman produk. Checkout belanjaan dan tunggu hingga pesanan sampai di tujuan.

= Hanya satu langkah untuk mengembalikan pesanan: Ketika pesanan sampai dan kamu berubah pikiran, kamu bisa mengajukan pengembalian barang dengan klik ‘Ajukan Pengembalian’ pada pesanan yang ingin dikembalikan. Klik ‘Saya telah menerima pesanan namun ada masalah’ dan pilih ‘Bebas Pengembalian’ saat memilih alasan pengembalian barang. Pastikan solusi yang tercantum di layar adalah ‘Pengembalian Barang & Dana’, kemudian klik ‘ Konfirmasi’.

= Pastikan telah mengikuti syarat & ketentuan yang berlaku: Saat membuka paket, pastikan jangan sampai merusak bungkus dan melepas label barang. Pastikan barang yang dikembalikan ke penjual dalam kondisi yang sama seperti saat diterima dan menggunakan kemasan original seperti saat dikirim. Kamu bisa melampirkan video ketika membuka paket sebagai bukti pendukung permintaan pengembalian barang.

= Kirim kembali sebelum masa garansi berakhir: Kirim paket yang ingin dikembalikan dalam waktu 5 hari kerja dengan menggunakan opsi ‘Pengiriman’ atau ‘Atur Sendiri’. Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh penjual dan kamu akan menerima pengembalian dana melalui metode pembayaran yang tersedia di Shopee.

Keuntungan dan Kemudahan Bagi Penjual dalam Garansi Pengembalian Barang :

= Gratis Biaya Ongkos Kirim Pengembalian Barang: Penjual tidak perlu menanggung biaya kirim produk atas pengembalian dari pembeli. Ongkos kirim akan ditanggung Shopee dan pembeli yang akan mengatur pengiriman barang.

= Gratis Proteksi Barang Hilang maupun Rusak: Jika saat pengembalian barang, barang yang dikembalikan oleh pembeli hilang atau rusak, Shopee akan menanggung biaya kehilangan atau kerusakan senilai harga produk.

= Perlindungan dari Penyalahgunaan Program: Jika pembeli sengaja melakukan kecurangan dan mengembalikan barang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan, penjual memiliki wewenang untuk menolak permintaan pengembalian barang dari pembeli. Penjual dapat melakukan banding jika Pembeli terbukti melanggar ketentuan program Bebas Pengembalian. Penjual juga dianjurkan untuk melakukan video unboxing saat menerima barang dari Pembeli untuk dijadikan bukti yang valid saat banding. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee

TAGS: