Jika gagal isi tokel listrik prabayar PLN setelah dicoba 3 kali, berikut cara mengatasinya berdasarkan pengalaman nyata :
= Hubungi PLN melalui ponsel di nomor kontak PLN : 123 (tanpa kode area)
= Setelah terhubung akan diminta memilih angka untuk tujuannya menghubingi PLN.
Nomor 1 : untuk mengecek nomor rekening
Nomor 2 : Gangguan
Maka pilih nomor 2
= Customer Services PLN akan meminta pelanggan untuk menyebutkan nama, nomor ID Pelanggan atau Nomor Meteran, Mencocokan alamat rumah dari ID Pelanggan
= Jumlah kWh di meteran listrik
= Kondisi aliran listrik apakah menyala atau padam ?
= Terakhir membeli token untuk isi meteran listrik
= Customer Services akan meminta tanda-tanda alamat yang tepat secara detail, untuk memudahkan petugas PLN jika harus melakukan pengecekan langsung.
= Customer Services memastikan nomor telepon yang bisa dihubungi
= Pelanggan diminta menunggu untuk tindakan selanjutannya, Customer Services akan melanjutkan laporan pelanggan ke unit PLN dari lokasi pelanggan.
= Setelah itu, petugas unit PLN akan menghubungi nomor telepon pelanggan yang telah melakukan pelaporan.
= Petugas unit PLN memberikan instruksi ke pelanggan (melalui pesan WhatsApp atau telepon) untuk memasukkan kode Key Change Token (dari PLN) dan nomor token yang dimiliki atau telah dibeli pelanggan tersebut yang sebelumnya selalu gagal ke meteran listrik.
= Jika bisa masuk berarti artinya berhasil
= Laporan pelanggan selesai
Hal ini berlaku jika kondisi listrik menyala dan jumlah kWh tidak overlimit
Itulah cara atasi gagal isi token listrik prabayar. (Yatni Setianingsih/Golali.id)