/Buah Naga, Enak dan Berkhasiat

Buah Naga, Enak dan Berkhasiat

Buah naga menjadi buah yang selalu hadir dalam perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Ternyata buah yang memiliki nama ilmiah Hylocereus sp, tidak hanya memiliki makna sebagai pembawa hoki saja.

Buah yang dalam bahasa Inggris bernama fruit dragon ini memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Dikutip dari berbagai sumber berikut manfaat dari buah yang rasanya manis ini :

  • Serat

Daging buah naga yang terdiri dari warna putih, merah, dan merah pekat ini kaya akan serat.

Di mana serat sangat penting untuk sistem penceraan tubuh,  karena dapat melancarkan tubuh dari gangguan susah buang air besar (sembelit).

Serat pun sangat penting untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan memudahkan dalam penyerapan gizi. 

  • Air

Buah naga dapat membantu tubuh dalam menghindari dehidrasi. Pasalnya buah yang rata- rata memiliki warna kulit luar merah dan beberapa ada yang kuning ini mengandung cukup banyak air.

Air sangat berguna dalam mengatur suhu tubuh dan proses pencernaan makanan.

  • Vitamin C

Sama halnya kebanyakan jenis buah-buahan yang identik dengan vitamin C. Buah naga pun kaya akan vitamin C. Di mana kandungan vitamin ini berfungsi sebagai sistem imun dalam melawan berbagai penyakit.

Vitamin C dalam buah ini pun dapat memberikan perawatan untuk kesehatan kulit, gusi, tulang, dan gigi.

  • Protein

Buah ini disebut-sebut memiliki kandungan protein nabati yang sangat penting untuk pembentukan otot. Selain itu, protein pun berfungsi dalam melawan dan menetralkan zat-zat asing yang berbahaya bagi tubuh.

Dalam keseharian, buah naga biasanya dikonsumsi secara langsung atau pun menjadi salah satu isian dalam sup buah. Buah ini pun sering juga menjadi topping untuk pie. Dapat juga menjadi pilihan untuk pewarna makanan alami. (*/Golali.id)

Baca juga :  Rehat sambil Memahami Sejarah di Taman Monumen 45 Banjarsari Solo