/BRIN Adalah

BRIN Adalah

BRIAN adalah Badan Riset Inovasi Nasional, yang didirikan Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden atau Perpres No 74 Tahun 2019 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Mengutip website BRIN, tugas BRIN yaitu menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. 

Sebelumnya BRIN adalah bagian dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Pada tanggal 5 Mei 2021, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden No 33 Tahun 2021, yang secara efektif menetapkan BRIN sebagai satu-satunya badan penelitian nasional.

Perpres tersebut memutuskan semua badan penelitian nasional Indonesia seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam BRIN.

Posisi BRIN bukan lagi sebagai regulator, karena fungsi regulasi tetap berada di kementerian, BRIN menjadi satu badan tersendiri dengan ada peleburan BATAN, BPPT, LAPAN dan LIPI serta lembaga riset di kementerian dan lembaga. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : brin.go.id