/Bistik Adalah

Bistik Adalah

Bistik adalah kuliner khas Jawa, yang memakai bahan utama daging sapi. Bistik memiliki cita rasa gurih dan manis dengan tekstur yang empuk

Bistik adalah olahan daging sapi yang dimasak dengan cara diungkeb, rasa manis dari bistik berasal dari penggunaan kecap dan gula jawa. Sementara rasa gurih dari daging dan kaldu daging sapi.

Sepiring bistik daging sapi, dilengkapi dengan potongan telur ayam rebus, kentang goreng, buncis rebus, jagung rebus, kacang polong rebus, dan wortel rebus.

Bistik disebut-sebut sebagai steak dari Jawa, ya bistik merupakan bentuk pelokalan steak menjadi cita rasa khas Jawa. Bistik diadptasi dari masakan Belanda bernama biefstuk, seperti juga steak, biefstuk diolah dengan cara dipanggang setengah matang.

Bedanya, jika steak dimasak dengan cara di panggang dengan berbagai tingkat kematangan yang bervariasi. Juga ditambah dengan saus dan kondimen (pelengkap seperti sayuran).

Sementara bistik di masak dengan cara diungkeb, sausnya diganti dengan tambahan kuah dari bumbu ungkeb dengan kondimen yang mirip steak dengan tambahan telur ayam rebus.  

Bistik sering juga dimakan sebagai lauk untuk nasi, sementara steak tidak. (Yatni Setianingsih/Golali.id)