/Biografi Julie Sulianti Saroso

Biografi Julie Sulianti Saroso

Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso adalah seorang dokter wanita dari Indonesia, yang lahir di Karangasem, Bali tanggal 10 Mei 1917.

Mengutip google, Sulianti Saroso terinspirasi menjadi dokter dari ayahnya yang seorang dokter.

Sulianti Saroso menempuh pendidikan kedokteran, di Sekolah Geneeskundige Hoge dan mendapatkan gelar dokter pada tahun 1942. Melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat, di mana Sulianti Saroso memperoleh beberapa gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat.

Sulianti Saroso juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Saat kembali ke Indonesia pada tahun 1952, Sulianti Saroso membantu membawa pendidikan KB dan keluarga berencana.

Sulianti Saroso bergabung dengan Kementerian Kesehatan, untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Setelah karir yang panjang dan sukses di bidang kesehatan masyarakat, Prof. Dr. Sulianti Saroso mulai mengajar di Universitas Airlangga pada tahun 1969 dan membantu melatih generasi dokter dan petugas kesehatan berikutnya.

Sulianti Saroso wafat pada tanggal 29 April 1991. Namanya diabadikan menjadi nama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta, yang diresmikan pada tahun 1995.

Pada saat pandemic Covid-19, Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso sangat terkenal, karena digunakan untuk merawat dan menangani pasien Covid-19.

Dalam rangka merayakan ulang tahun Sulianti Saroso yang ke-106 tahun, google hari ini menghadirkan Sulianti Saroso untuk google doodle. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Indonesia.go.id