/Belajar Ketangguhan Hidup dari Dua Perempuan Ini

Belajar Ketangguhan Hidup dari Dua Perempuan Ini

Perempuan masa kini tak hanya berkutat dalam dunia domestik rumah tangga, mereka pun mampu memutarkan perekonomian keluarga. Seperti Nuzula Sylvia (35 tahun) dan Fadjar Rini (51 tahun) yang menjadi lady driver ShopeeFood.

Nuzula Sylvia yang berhasil menjadi penopang ekonomi keluarga, setelah bergabung sebagai lady driver ShopeeFood. Perempuan kelahiran tahun 1987 ini, awalnya bekerja sebagai pegawai toko elektronik, di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Namun, kondisi tubuh yang terus menurun pasca terinfeksi Covid-19 membuatnya tidak bisa lagi bekerja dengan jam yang terlalu padat dan akhirnya memutuskan untuk resign dari pekerjaannya.

Kehilangan pekerjaan yang menjadi sumber pendapatan utama keluarga, tentunya membuat kondisi ekonomi Nuzula semakin terpuruk. Pendapatan sang suami dari hasil berdagang baju kaki lima di Glodok, belum mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya. 

Atas dukungan suaminya, Nuzula mulai ‘mengaspal’ sejak pertengahan tahun 2021. Satu tahun lebih menjadi seorang lady driver, Nuzula berhasil mengangkat perekonomian keluarganya menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah, saya sekarang sudah punya motor sendiri walaupun masih nyicil, saya sama suami dan anak juga tinggal sendiri (sewa rumah), kalau dulu kan masih tinggal sama mertua, desak-desakan,” kisahnya dalam rilis SHOPEE INDONESIA yang diterima Golali.id.

Kisah yang mirip juga dirasakan perempuan asal Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Fadjar Rini. Di usia yang sudah memasuki lebih dari setengah abad, Nenek dari 4 orang cucu ini nyatanya masih sanggup ‘ngebid’ sejak pagi hingga malam, dengan target menyelesaikan 20 pesanan.

Sebelum menjadi driver ojol, perempuan yang kerap disapa Mpok Rini ini bekerja sebagai karyawan pabrik perusahaan farmasi yang berlokasi di Cikarang. Hingga pada tahun 2016, Mpok Rini harus berhenti menjadi karyawan pabrik akibat pemutusan hubungan kerja dari perusahaannya.Berkurangnya penghasilan membuatnya berpikir untuk kembali mencari kerja.

“Awalnya sih saya berpikiran untuk jualan, cuma saya lihat keadaan di sekitar saya sudah banyak banget yang jualan, itu juga belum tentu laku. Jadi berhubung kondisi kesehatan masih memungkinkan untuk ke sana ke mari naik motor, ya saya putuskan jadi driver ShopeeFood saja untuk penghasilan utama dan Alhamdulillahbisa memenuhi kebutuhan rumah,” ceritanya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee Indonesia

TAGS: