/Bedanya Keripik Singkong dan Slondok

Bedanya Keripik Singkong dan Slondok

Keripik Singkong dan Slondok adalah dua makanan ringan tradisional, yang terbuat dari singkong.

Walaupun menggunakan bahan baku yang sama, tetapi Keripik Singkong dan Slondok memiliki cara pengolahan yang berbeda.

Inilah perbedaan antara Keripik Singkong dan Slondok :

Keripik Singkong

= Pengolahan Keripik Singkong dimulai dari pengupasan singkong, lalu dicuci bersih dan dipotong tipis-tipis mengikuti diameter lingkaran singkong.

Kemudian rendam atau marinasi dalam campuran bumbu halus (garam dan bawang putih) dan air. Lalu goreng dalam minyak sayur yang banyak dengan air besar

= Keripik Singkong masuk dalam kuliner Sunda, dalam bahasa Sunda Keripik Singkong disebut Kiripik Sampeu

Slondok

= Pembuatan Slondok dimulai dari singkong dikupas lalu dicuci, kemudian diparut, dan ditekan (di-press) selama satu malam untuk menghilangkan kandungan airnya.

Kemudian diayak dan diparut menjadi tepung yang kasar, kemudian diayak kembali supaya menghasilkan tepung yang halus, kemudian dikukus.

Dinginkan selama 3 hari 3 malam, kemudian dipotong-potong, setelah itu kemudian digiling dan dibentuk memanjang dan melingkar.

Selanjutnya dijemur hingga kering setengah matang, dicampur dengan bumbu, dijemur kembali hingga kering, dan digoreng dalam minyak sayur panas yang banyak.

= Slondok termasuk kuliner khas Kabupaten Magelang (Provinsi Jateng) dan Kabupaten Kulonprogo (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Itulah perbedaan antara Keripik Singkong dan Slondok. (Yatni Setianingsih/Golali.id)