/Bass Chicken, Bagian dari Baznas Kota Bandung untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik

Bass Chicken, Bagian dari Baznas Kota Bandung untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung, meluncurkan program pemberdayaan ekonomi para penerima zakat (mustahik) melalui Bass Chicken di Aula Masjid Al Ukhuwah Bandung, pada Selasa, 11 Januari 2022.

“Alhamdulillah ada lima orang mustahik yang terpilih untuk kami bantu modal usaha jual ayam goreng crispy. Program ini kami beri nama Bass Chicken,” kata Wakil II Baznas Kota Bandung, Irfan Farid Taufik.

Mulanya terpilih 10 orang yang kemudian diseleksi kembali secara lebih spesifik. Hingga pada tahap akhir, terpilihlah lima orang yang menjadi penerima manfaat program Bass Chicken.

Beragam penilaian dilakukan. Tak hanya dari segi kemampuan, tapi juga dilihat pada aspek spiritualitasnya.

“Kami menyeleksi dengan tes wawancara untuk melihat bagaimana semangat mereka untuk berwirausaha. Selain itu, kemampuan membaca Quran juga menjadi salah satu poin penilaian,” jelas Irfan.

“Sebab, kami tidak hanya ingin meningkatkan para mustahik ini dari segi skill marketing, tapi juga ingin meningkatkan kemampuan mereka dari segi spiritual,” imbuh Irfan.

Baznas Kota Bandung juga memiliki target untuk menambah jumlah penerima manfaat program Bass Chicken. Irfan menuturkan, Baznas Kota Bandung berharap bisa membantu perekonomian masyarakat dengan menyebarluaskan program Bass Chicken ini sampai ke 153 kelurahan di Kota Bandung.

“Saat ini Bass Chicken baru tersebar di lima titik. Di Cigondewah Kidul, Astana Anyar, Pasir Koja, Babakan Ciparay, dan Kopo. Semoga bisa semakin berkembang sampai ke 153 kelurahan se-Kota Bandung,” ucap Irfan.

Sebelum penambahan titik cabang, Irfan menambahkan, tentunya akan dilakukan evaluasi setiap bulan terlebih dahulu. Irfan menjelaskan, jika dalam tiga bulan menunjukkan hasil signifikan, tim Baznas Kota Bandung akan melakukan penambahan cabang Bass Chicken di beberapa titik. (*/Golali.id)

Baca juga :  Rute Angkot Cibiru - Cicadas

Foto : Humas Pemkot Bandung