/Bandung dan Konjic Bakal Kolaborasi Tentang Hal Ini

Bandung dan Konjic Bakal Kolaborasi Tentang Hal Ini

Kota Bandung dan Kota Konjic dari negara Bosnia dan Herzegovina mewacanakan kolaborasi di sejumlah bidang. Kolaborasi ini terjalin setelah Duta Besar Bosnia dan Herzegovina untuk Indonesia, Mehmed Halilovic menemui Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Senin 19 Desember 2022.

Kedua kota ini juga akan menjajaki pembentukan kerja sama sister city.

“Terima kasih atas penyambutan ini. Luar biasa, Kota Bandung ini kota yang ramah. Mudah-mudahan kami bisa melakukan kerja sama dengan Kota Bandung,” kata Mehmed.

Ia mengungkapkan, potensi Kota Konjic berasal dari keindahan alam. Kekayaan tumbuhan dan satwa, serta potensi hutan dan perairan yang luas.

Dari sumber daya yang ada, Kota Konjic mengembangkan pengolahan kayu, pertanian, peternakan, perkebunan buah-buahan, pariwisata dan bidang lainnya.

“Keuntungan dari Kota Konjic adalah posisinya yang terhubung melalui jalan raya dan jalur kereta api ke pusat-pusat kota yang lebih besar,” tuturnya.

Melalui pertemuan ini, Mehmed berharap, dapat menjajaki peluang kerja sama dengan Kota Bandung.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyambut baik rencana itu.

Pasalnya, meskipun Kota Bandung tidak memiliki sumber daya alam, tetapi sumber daya manusianya mampu meningkatkan potensi yang ada.

“Kota Bandung ini ibu kota Jawa Barat, juga pusat ekonomi dan kota metropolitan aglomerasi Bandung Raya,” katanya.

Yana berharap, penjajakan kerja sama bisa dilakukan secepatnya. Namun harus dengan penentuan yang maksimal, sehingga keuntungan bisa diperoleh oleh kedua kota.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini kami bisa menjalin kerja sama. Di antaranya soal peningkatan perdagangan, pariwisata dan pendidikan. Itu kerja sama utama yang bisa dilakukan,” ujarnya. (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung