/Bandara Internasional Jawa Barat, Terbesar Kedua di Indonesia

Bandara Internasional Jawa Barat, Terbesar Kedua di Indonesia

Gubernur Jawa Barat, menegaskan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tetap akan diproyeksikan menjadi hub internasional.

“Sesuai arahan Presiden, BIJB harus jadi hub global,” ujarnya di Gedung Sate Bandung, Rabu 28 Desember 2022.

Untuk itu, BIJB akan membuka diri bagi investor global bidang penerbangan untuk berinvestasi.

“Kalau jadi hub global maka kita membuka diri ada investor di bidang airport yang sifatnya global,” kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Pertimbangan BIJB menjadi hub internasional karena jumlah penduduk Jabar merupakan terbesar se-Indonesia, yang akan menjadi pasar potensial. Potensi lainnya adalah BIJB masuk dalam kawasan Metropolitan Rebana, yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jabar.

Kapasitas bandara yang terletak di Kecamatan Kertajati, Majalengka itupun merupakan terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta.

Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya rutin menggelar rapat dengan Kementerian Perhubungan RI untuk mematangkan hub internasional BIJB.

“Tadi juga rapat dengan Menhub mengatur kriteria mana saja yang layak menjadi pemilik saham dari BIJB agar go global,” katanya.

Namun sejauh ini pihaknya belum mengumumkan, calon investor yang akan menjadi mitra global BIJB.

“Belum diumunkan karena masih proses siapa yang akan menjadi mitra global dari BIJB,” tutup Ridwan Kamil. (Humas Pempprov Jabar/Golali.id)

foto : dephub.go.id