/Bakso Tahu Adalah

Bakso Tahu Adalah

Bakso tahu adalah kuliner khas Bandung, yang terbuat dari tepung terigu, tapioka, daging ikan, bawang putih, merica, dan garam yang dicampur menjadi adonan. Kemudian dimasukkan ke dalam potongan tahu dan dimasak dengan cara dikukus.

Bakso tahu disajikan dengan bumbu atau saus kacang, kecap, dan tambahan perasan jeruk purut. Pedagang bakso tahu, seringpula menyediakan siomay, kentang kukus, pare kukus, dan kol kukus untuk sajian sepiring bakso tahu.

Bakso tahu berdasarkan beberapa literatur sejarah,  termasuk dalam makanan adaptasi dari kuliner Tiongkok yang disesuaikan dengan cita rasa lokal Bandung yaitu dengan tambahan bumbu kacang dan campuran daging ikan.

Di Kota Bandung sangat mudah untuk mendapatkan bakso tahu. Mulai dari pedagang yang menggunakan gerobak mengelilingi wilayah permukiman penduduk.

Selain itu, bakso tahu banyak dijual juga pada wilayah yang banyak dikunjungi orang. Mulai dari sekolah, terminal, dan pasar.

Pada beberapa kawasan di Kota Bandung, adapula yang menjual bakso tahu dalam bentuk warung makan. Biasanya para penjual bakso tahu ini telah memiliki nama dan eksis telah lama. (Yatni Setianingsih/Golali.id)