/Bagenyel Adalah

Bagenyel Adalah

Bagenyel adalah salah satu makanan khas dalam kuliner Sunda, yang terbuat dari beras ketan dengan campuran kelapa parut. Secara sederhananya bagenyel adalah makanan yang dihasilkan dari bagian proses pembuatan opak ketan.

Cara membuat bagenyel mirip dengan membuat opak ketan, yaitu beras ketan dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut, selanjutnya ditumbuk menggunakan alu dalam lumpang. Kemudian dibentuk pipih. Jika dalam pembuatan opak, setelah dibentuk pipih lalu dijemur. Sedangkan bagenyel dibentuk bulat menggunakan tangan, lalu disantap.

Rasa bageyel mirip dengan ulen ketan, bedanya ulen ketan biasanya berbentuk persegi panjang. Sedangkan bageyel berbentuk bulat. Selain itu, tekstur bagenyel lebih halus dibandingkan dengan ulen atau uli yang agak kasar, karena tingkat penumbukan bageyel sampai kalis, sedangkan uli atau ulen ketan tidak terlalu halus.

Bageyel biasanya disantap dalam beberapa kali suapan. Bageyel bisa menjadi bekal saat melakukan perjalanan, seperti lontong atau leupeut, kendati hanya tahan dalam waktu 1×24 jam atau satu hari. (Yatni Setianingsih/Golali.id)